Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

sungai Madiun

Yuk Intip! Inilah 4 Fakta Sungai Madiun yang Perlu Kamu Ketahui

Madiun merupakan salah satu kota kecil yang terletak diantara perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Madiun dikenal sebagai julukan kota karismatik sejak tahun 2018. Dikarenakan kotanya yang menampilkan beragam unsur yang bisa dikenalkan ke public.  Dimulai dari seni, budaya, kuliner, pelayanan public dan juga wisata-wisata di dalamnya, salah satunya adalah wisata sungai Madiun. Wah, kira-kira ada fakta apa saja yah disana? Yuk kita intip!

Sungai Madiun dan Beberapa Fakta yang Terjadi

Berbicara tentang madiun, kamu perlu tahu juga tentang sungai Madiun yang bisa kamu kunjungi disana. Sungai ini terletak di Provinsi Jawa Timur bagian Barat dimana bagian hulu terletak di Kabupaten Ponorogo, sedangkan bagian hilir terletak di Kabupaten Ngawi dan berada dititik temu Bengawan Solo.

Sungai ini merupakan salah satu anak sungai terbesar dari Bengawan Solo. Keberadaannya membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Berikut fakta yang bis akita temukan disana.

  1. Berfungsi Sebagai Penghubung Jalan

Keberadaan sungai ini, mempermudah masyarakat untuk  menuju ke pusat kota yang berada disebelah timur sungai melalui jembatan yang dibangun pada tahun 2000-an. Salah satu jembatan yang menjadi jalur utama menuju kota-kota yang ada di Jawa Timur.

  1. Berfungsi Sebagai Mata Pencaharian

Salah satu mata pencaharian masyarakat selain pergi ke sawah, masyarakat juga akan pergi ke sungai untuk bekerja mencari pasir dengan cara tradisional, biasa disebut dengan ngeduk. Mereka akan mencari pasir ke dasar sungai dengan menggunakan bambu (tomblok) sampai terisi penuh. Jika tomblok bambu sudah terisi penuh, maka pasir akan dikumpulkan ke pinggiran sungai untuk diangkut dan dijual menjadi penghasilan mereka.

Selain itu, sungai juga bisa dipakai warga untuk memancing ikan dan menjual hasil tangkapannya. Ada juga yang memanfaatkan untuk bercocok tanam disekitar sungai, seperti menanam pisang sebagai mata pencaharian tambahan mereka saat berhasil dipanen.

  1. Tempat Pembuangan Limbah Rumah Tangga

Disekitar sungai ini, terdapat sungai-sungai kecil yang dipakai masyarakat sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga. Biasanya, pada saat musim hujan tiba, sungai akan meluap dan sampai menyebabkan banjir di wilayah sekitar. Huffttt ..

Wilayah yang menjadi langganan banjir adalah daerah ponorogo dan Ngawi. tidak hanya banjir, pada saat musim hujan pun sungai ini suka memakan korban jiwa seperti adanya orang terhanyut, tenggelam dan terseret arus sungai. Hal itu dikarenakan mereka belum sempat menyelematkan diri ketika tiba-tiba banjir dating.

  1. Sebagai Tempat Wisata

Tidak usah khawatir! Bagi kamu yang mencari tempat wisata di wilayah sungai madiun dan tetap aman. Disana pun ada beberapa tempat wisata disekitar sungai yang bisa kamu kunjungi tanpa perlu takut tenggelam dan terhanyut arus. Disana terdapat Taman Bantaran yang bisa dipakai untuk tempat nongkrong, foto-foto dan ngopi loh.

Nah, itulah beberapa fakta yang bisa kita temukan di wilayah sungai madiun. Apakah penasaran untuk berkunjung kesana? Semoga tulisan ini bisa menambah informasi buat kamu yah!