Berita Terbaru :
Para Bakal Calon Berebut Suara Warga NU di Pilkada Sumenep
Musim Panen Harga Bawang Merah Anjlok Drastis
   

Bertahan Hidup di Tengah Pandemi Covid-19, Detailer Farmasi Menjual Kopi Keliling Dengan Sepeda Angin
Life Style  Senin, 01-06-2020 | 08:25 wib
Reporter : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Wabah covid-19 membuat Fajar Arif, warga Krian Sidoarjo ini harus rela menerima pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan farmasi tempatnya bekerja. Sejak April lalu, bapak dua anak ini, tak menyerah mencari peluang untuk bertahan hidup di tengah pandemi covid-19. Berbekal sepeda angin, perlengkapan barista sederhana, dan kopi yang diolah sendiri, Fajar pun berkeliling menjual dagangan kopinya secara berkeliling. Tak hanya berkeliling dari Krian menuju Surabaya, dagangan kopi olahannya pun dijual secara online.

Berbekal sepeda angin, perlengkapan barista sederhana, dan kopi olahan Fajar Arif, warga Krian Sidoarjo ini menjual kopi secara berkeliling. Bapak dua anak asal Jawa Tengah ini, memilih tidak pulang ke kampung halamannya, setelah menerima surat pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan farmasi tempatnya mencari nafkah, sejak April lalu.
 
Sejak berhenti bekerja, Fajar terus mengembangkan idenya untuk tetap bertahan hidup di Sidoarjo. Berbekal keahlian membuat kopi profesional atau barista secara online, mantan detailer obat farmasi ini memutuskan untuk menjual kopi olahannya secara berkeliling. Dengan sepeda anginnya, Fajar yang hobby bersepeda ini akhirnya menjual kopinya secara berkeliling dan memasarkan produknya melalui media sosial.
 
Selepas sholat subuh, Fajar yang mendapat dorongan semangat dari sang istri, berangkat dari rumahnya di Krian untuk menjajakan kopi olahannya. Kopi olahan yang dibuatnya dari biji kopi pilihan itu, dinamakan kopit atau kopi pit dengan motto pasti pahit.
 
Produk olahannya ini terdiri dari biji kopi dan bubuk yang dikemas secara khusus. Selain dijual melalui media sosial, Fajar juga menjual kopinya secara berkeliling. Dengan pengetahuan barista sederhana, Fajar mengolah kopinya dengan perlengkapan minimalis yang terdiri kompor portabel, termos, muk kopi, kopi serbuk dan gula pasir serta gula aren.
 
Menurut Fajar, idenya berjualan kopi secara berkeliling ini baru terealisasi hari ini. Keinginannya untuk membuat warung kopi, masih terkendala modal dan larangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi covid-19. Fajar berharap, usaha yang dirintisnya secara kreatif ini bisa diikuti oleh masyarakat yang terdampak wabah virus corona, untuk mampu bertahan.(end)

Berita Terkait

Di Tengah Pandemi Covid-19, Warga Dihebohkan Pria Tergeletak di Parit

Bertahan Hidup di Tengah Pandemi Covid-19, Detailer Farmasi Menjual Kopi Keliling Dengan Sepeda Angin

Dampak Pandemi Covid-19, Guru Buat Souvenir Dari Paralon
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Puluhan Peserta UTBK Rapid Test di Lokasi Ujian
Pojok Pitu

Gempar, Bayi Perempuan Dibuang di Teras Rumah Warga
Pojok Pitu

Diduga Bawa BBM, Sebuah Mobil Terbakar di Dekat SPBU Keting
Jatim Awan

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber