Berita Terbaru :
Pria Paruh Baya Tewas Mendadak di Pinggir Jalan
Diduga Korban Pembunuhan, Sosok Mayat Ditemukan Dengan Banyak Luka di Kebun Jeruk
Menkes dan Kepala BNPB Apresiasi Pemprov Jatim Tangani Covid 19
Pemerintah Tunda Keberangkatan Haji Karena Pandemi Covid 19
12 Warga Desa Giripurno Kota Batu Positif Covid-19
Samsat Surabaya Timur Siap Menerapkan New Normal
1.931 Jamaah Haji Bojonegoro Gagal Berangkat ke Tanah Suci
5 Bulan Jumlah Penderita HIV/AIDS di Madiun Mencapai 26 Orang
Bahu Jalan Raya Ranuyoso Ambrol
Pasien Positif Corona di Pacitan Bertambah Saat Persiapan Skema New Normal
Dinsos Perketat Seleksi Penerima Bantuan di Masa Pandemi
Usai Kegitan Pelantikan Pengawas Dindik Provinsi Jatim, 4 Kepsek di Pacitan Akan Jalani Swab
Masyarakat Buka Dapur Umum Bagi Keluarga Pasien Terkonfrim Positif Covid 19
Ada 1646 Calon Jamaah Haji Asal Lamongan Gagal Berangkat
Aniaya Sopir, Petugas Amankan Belasan Anak Punk
   

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, ini 5 Dampaknya
Life Style  Kamis, 21-05-2020 | 23:15 wib
Reporter :
Foto ilustrasi dok pojokpitu.com
pojokpitu.com, Bagi sebagian orang, kopi ibarat candu karena dapat membuat Anda lebih terjaga dan meningkatkan mood. Tak sedikit juga yang menjadikan kopi sebagai minuman pertama yang dikonsumsi di pagi hari, bahkan dalam keadaan perut kosong. Namun Anda sebaiknya berhati-hari, karena ada efek kesehatan yang bisa terjadi jika minum kopi saat perut kosong.

Dampak Minum Kopi saat Perut Kosong

1. Meningkatkan Asam Lambung

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan bahwa efek minum kopi saat perut kosong dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung. Akibatnya, bisa timbul keluhan seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntah.

Selain itu, minum kopi saat perut kosong dapat memperberat beberapa penyakit saluran cerna, salah satunya irritable bowel syndrome. Keluhan heartburn, nyeri perut, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya pun bisa muncul.

2. Meningkatkan Hormon Stres

Salah satu efek yang dapat terjadi jika minum kopi saat perut kosong adalah peningkatan hormon stres yaitu kortisol. Hormon kortisol diproduksi oleh kelenjar adrenal dan berperan untuk metabolisme, mengatur tekanan darah, dan gula darah.

Pada saat Anda baru bangun tidur, terdapat peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Lalu hormon ini akan menurun di siang hari dan meningkat kembali saat akan tidur. Untuk itu, pada orang yang minum kopi di pagi hari saat perut kosong, peningkatan kadar hormon kortisol bisa terjadi.

3. Memicu Kecemasan

Kopi sering kali menjadi teman setia di kala Anda merasa stres akan deadline pekerjaan atau lembur di kantor. Namun, National Institute of Mental Health di Amerika Serikat menyarankan bagi Anda yang sering mengalami gangguan cemas untuk menghindari kopi ataupun minuman berkafein lainnya.

Kafein dapat memperparah kecemasan, karena dapat membuat Anda tidak dapat tertidur pulas atau mencetuskan respons flight or fight tubuh. Jadi bagi Anda yang memiliki gangguan cemas, hati-hati agar tidak minum kopi terlalu banyak.

4. Menyebabkan Peningkatan Mineral

Dampak minum kopi saat perut kosong di pagi hari, juga dapat menyebabkan hilangnya berbagai mineral penting di dalam tubuh melalui urine. Mineral ini termasuk kalsium, potasium, dan magnesium. Jadi sebaiknya pertimbangkan lagi kebiasaan Anda, agar terhindar dari bahaya minum kopi saat perut kosong.

5. Memengaruhi Kadar Gula Darah

Efek minum kopi saat perut kosong lainnya adalah dapat menurunkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin berarti respons sel-sel tubuh terhadap kadar gula darah. Setelah Anda makan, tubuh memproduksi insulin untuk mencerna glukosa yang masuk dan terjadi peningkatan kadar gula darah.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Diabetes Care, disebutkan bahwa minum kopi dapat menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah.

Selain hal-hal di atas, kopi juga dapat menyebabkan efek adiktif. Bahkan menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Food Science, pada beberapa orang, efek adiktif ini dapat diturunkan secara genetik dan membuat mereka berisiko mengalami ketergantungan kopi.

Minum kopi sebelum makan dan secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan cemas, berdebar, serangan panik, nyeri kepala, insomnia, dan peningkatan tekanan darah. Untuk itu, batasi konsumsi kafein Anda maksimal 400 mg per hari (sekitar 0,95-1,12 liter kopi).

Perlu Anda perhatikan juga bahwa untuk wanita hamil, sebaiknya batasi konsumsi kopi maksimal 1 cangkir per hari. Selain itu, pastikan Anda tidak minum kopi saat perut kosong agar tidak terjadi masalah kesehatan.(FY/RS/klikdokter)

Berita Terkait

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, ini 5 Dampaknya

TOP! Ini Dia Kabar Gembira Bagi Coffee Lovers
Berita Terpopuler
Membusuk Bunuh Diri, Diduga Akibat Depresi Gejala Covid-19
Peristiwa  6 jam

Pengusaha Kulit Ditemukan Tewas Membusuk di Lingkungan Industri Kecil
Peristiwa  3 jam

Kasus Positif Covid Tembus 62, 4 Sembuh
Covid-19  3 jam

1.931 Jamaah Haji Bojonegoro Gagal Berangkat ke Tanah Suci
Info Haji  1 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber