Berita Terbaru :
Lulus S3, Oki Setiana Dewi Raih Gelar Doktor
Mahmoud Eid Pilih di Surabaya Timbang Pulang ke Swedia
Jelang Musim Hujan, Sampah Bambu Menumpuk di Aliran Sungai
Warga Ramai-Ramai Ajukan BPUM Tahap 2
   

Waspada Makanan Mengandung Bahan Berbahaya
Kesehatan  Kamis, 30-04-2020 | 16:31 wib
Reporter : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Memasuki bulan Ramadhan, Dinas Kesehatan Tulungagung mengintensifkan pemeriksaan terhadap makanan yang beredar di masyarakat. Dari puluhan sampel takjil, yang diambil secara acak, petugas menemukan produk pangan yang mengandung bahan kimia pewarna tekstil. Selain memeriksa makanan, petugas juga membagikan masker dan sarung tangan pada pedagang, sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit.

Pemeriksaan mendadak dilakukan petugas Dinas Kesehatan Tulungagung, di sentra-sentra pedagang takjil di Kelurahan Jepun, Kelurahan Kepatihan, dan Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman pada masyarakat, dari peredaran makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia berbahaya, dengan melakukan uji tes pada produk pangan yang dijajakan para pedagang takjil.
 
Satu persatu lapak pedagang takjil didatangi petugas untuk diambil sampelnya. Secara acak, petugas membeli sampel makanan dan minuman dari para pedagang. Petugas hanya mengambil sampel makanan yang dicurigai mengandung bahan kimia berbahaya. Diantaranya beberapa jenis kerupuk, berbagai masakan, puding, dan gorengan.

"Dari 34 sampel makanan yang diambil, setelah dilakukan uji tes,  ditemukan 2 produk makanan yang positif mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan pewarna tekstil, rodamin B tersebut, ditemukan pada kerupuk dan sirup. Bahan-bahan yang peruntukannya bukan untuk produk pangan tersebut, bila dikonsumsi dalam jangka panjang akan berbahaya bagi kesehatan," kata Masduki, Kasi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Tulungagung.

Dalam sidak tersebut, selain memeriksa makanan dan minuman, petugas juga membagikan masker dan sarung tangan pada pedagang takjil. Hal tersebut dilakukan, sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit, termasuk covid-19.(end)



Berita Terkait

Waspada Makanan Mengandung Bahan Berbahaya
Berita Terpopuler
Jelang Musim Hujan, Sampah Bambu Menumpuk di Aliran Sungai
Peristiwa  2 jam

Warga Ramai-Ramai Ajukan BPUM Tahap 2
Peristiwa  3 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Banjir Lahar Ganggu Aktivitas Warga dan Penambang
Jatim Awan

Polisi Amankan 169 Orang Dalam Aksi Demo Lanjutan
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber