Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

UN Dibatalkan, Sekolah Siapkan Instrumen Kelulusan
Rabu, 25-03-2020 | 18:26 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Kemendikbud akhirnya membatalkan pelaksanaan ujian nasional, akibat pandemi covid-19. Sekolah di Surabaya pun menyetujuinya dan penilaian kelulusan menggunakan nilai ujian satuan pendidikan berbasis komputer dan smartphone (USP-BKS) serta nilai rapor semester 1-6 sesuai arahan se-Gubernur Jatim.

Melalui sambungan video call, Waka Humas SMA Negeri 16 Surabaya, Abdul Razzaq mengaku setuju dengan adanya pembatalan ujian nasional. Mengingat kondisi pandemi covid-19 yang belum mereda. SMAN 16 pun siap menggunakan nilai rapor semester 1 sampai 6 dan nilai USP-BKS sebagai penentu kelulusan. Namun, di SMAN 16, bobot rapor semester 1 sampai 6 mencapai 60 persen, dan nilai USP-BKS sebesar 40 persen.

"Untuk penilaian akhir tahun atau ulangan kenaikan kelas, dirinya menyebut akan menggunakan portofolio nilai rapor dan prestasi sebelumnya, penugasan, tes online dan bentuk assesment jarak jauh," tutur Abdul Razzaq.

Hal senada diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 1 Surabaya Khairil Anwar. Menurutnya, seluruh perangkat kelulusan seperti nilai USP-BKS dan nilai rapor semester 1 sampai 6 sudah tersedia. Begitupun dengan nilai ujian praktek. Jika UN dibatalkan, komponen kelulusan tinggal dimasukkan ke daftar kumpulan nilai, diolah sesuai pedoman yang ada dan merevisi kriteria kelulusan.(end)



Berita Terkait


UN Dibatalkan, Sekolah Siapkan Instrumen Kelulusan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber