Berita Terbaru :
   

Bea Cukai Sita 2,5 Juta Batang Rokok Tanpa Cukai
Tapal Kuda Dan Madura  Kamis, 12-03-2020 | 06:21 wib
Reporter : Farid Fahlevi
Hasil rilis pada Rabu (11/3) siang, petugas menyita 2,5 juta batang tanpa cukai lengkap dengan ribuan boks rokok. Petugas juga menetapkan 1 tersangka dan memburu 1 tersangka lain. Foto Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Bea Cukai Pabean Probolinggo, berhasil menggrebek gudang tempat meracik rokok ilegal di wilayah Kabupaten Lumajang.

Petugas menggrebek gudang di wilayah Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, yang aktif meracik hingga mengepak rokok. Hasil dari penggrebekan itu, petugas mengamankan sekitar 2,5 batang rokok ilegal atau kemasan tanpa cukai. "Nilai barang ini sekitar Rp 2,5 milyar. Jadi kerugian negara yang ditimbulkan mencapai Rp 1,4 milyar," kata Andi Hermawan, Kepala Kantor Bea Cukai Pabean Type C Probolinggo.

Selain jutaan batang rokok, petugas juga berhasil mengamankan boks karton untuk kemasan rokok per pak, hingga karton berukuran besar. Tidak hanya itu, mesin pengepres karton.

Dalam penggrebekan, petugas juga mengamankan bos peracik rokok ilegal berinisial SY warga setempat, serta 1 tersangka lain saat ini menjadi buruan polisi. "Di gudang senduro aktifitasnya hanya memasukkan rokok dalam kemasan karton kecil per pak dan selanjutnya dikemas dalam karton besar. Dugaan kuat, rokok ini sudah diracik di wilayah Malang," kata Andi Hermawan.
 
Rencananya, jutaan rokok ini akan segera dimusnahkan. Pada tahun 2018 peredaran rokok ilegal di angka 7, 04 persen, menurut dibanding tahun 2016 di angka 12,14 persen. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka terancam undang-undang tentang cukai dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (pul)

Berita Terkait

Bea Cukai Sita 2,5 Juta Batang Rokok Tanpa Cukai

Pemerintah Gelar Rembuk Nasional Atasi Kenaikan Cukai Rokok

Petani Mulai Resah Dengan Rencana Naiknya Cukai Rokok 23 Persen

Cukai Rokok Naik, Pengusaha Minta Pemerintah Tegas Berantas Rokok Ilegal
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Marah, Kapolda Copot Oknum Kapolsek Karena Tertidur Saat Rapat Dengan Walikota
Pojok Pitu

H-2 Lebaran, Stasiun Gubeng Surabaya Sepi Penumpang
Pojok Pitu

PSBB Surabaya Raya Bisa Diperpanjang, 2 Tahap Sebelumnya Dinilai Tak Efektif
Jatim Awan

Unik, Anak Anak Ini Berebut Uang Lebaran di Pagar Rumah Warga
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber