Berita Terbaru :
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
   

SD Negeri 2 Sengon Terapkan Sekolah Tanpa Plastik
Pendidikan  Rabu, 11-03-2020 | 09:10 wib
Reporter : Simon Bagus,Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Salah satu SD di Trenggalek terapkan program sekolah tanpa plastik. Tak hanya itu, sekolah tersebut juga mencetuskan gagasan yang berkonsep sekolah eduwisata dan juga pembangunan karakter bagi siswanya.

Satu per satu siswa berbaris rapi di depan kantin yang ada di SDN 2 Sengon, tempat antre siswa menuju kantin dirindangi oleh tanaman-tanaman rambat yang menjadikan suasana lebih teduh.

SDN 2 Sengon berada di Kecamatan Bendungan, kecamatan ini dikenal sebagai salah satu wilayah pegunungan di Kabupaten Trenggalek. Makanan yang dijajakan di kantin bebas plasik, dari kantin para siswa membawa piring serta gelas untuk wadah makanan mereka.

Kantin di SDN 2 Sengon mengusung konsep bebas plastik, nasi bungkusnya saja dikemas dengan daun pisang, setelah makanan dan minumannya habis para siswa segera membawa wadahnya ke kantin yang kemudian mereka cuci di tempat yang disediakan.

Selepas membereskan wadah yang digunakan ke petugas kantin, para siswa bergegas kembali ke kelasnya masing-masing. Penjaga kantin, Sumarti, telah menyediakan berbagai makanan sehat yang sebagian besar dikirim oleh para orang tua murid. Selain sehat, makanan yang dijual di kantin harganya sangat terjangkau bagi siswa SD, yakni mulai Rp 500 hingga Rp 2000.

Menu makanan yang disediakan, seperti nasi pecel, nasi gegok, nasi sayur, gorengan, cilok. Sementara minumannya jus jambu dan es teh.
Pihak pengelola kantin juga tak menarget untung tinggi, setidaknya sudah cukup untuk biaya operasional. Keuntungan dari pengelolaan kantin menurut Sumarti sekitar Rp 20.000 hingga Rp 40.000 saja.

Kantin sekolah itu juga melibatkan siswa untuk berpartisipasi mengelola dan menjaga kantin, 2 siswa bertugas sebagai anggota pokja kantin setiap jam istirahat. Tugasnya untuk memastikan para siswa antre dengan baik dan melayani temannya yang membeli jajan.

Seperti yang dilakukan salah satu siswa, Renata Syntia Ningsih, siswa kelas 6 SD itu mengaku senang bisa bergabung di pokja kantin. Renata yang menggunakan celemek telihat mengatur teman-temannya agar tak saling berdempetan saat antre.

Pihak sekolah memang membuat aturan antre di kantin agar para siswa terlatih disiplin, selain mengatur barisan tugas renata juga ikut membersihkan kantin. "Saya senang karena bisa ikut melatih teman-temana agar disiplin," kata Renata.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 2 Sengon, Taufiq Susanto, mengatakan, tidak mudah mengubah kantin konvensional di sekolah senjadi kantin sehat. "Pihak sekolah setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk benar-benar bisa menjalankan program itu. Sekolah kita juga telah mendapat sertifikat kantin sehat dari dinas kesehatan setempat," jelas Taufiq Susanto.

Kantin sehat ini sebenarnya hanya satu dari berbagai konsep ramah lingkungan lain yang diterapkan di SD 2 Sengon, sekolah juga menggandeng wali murid dan masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan sekolah.

Mereka rutin melaksanakan kerja bakti di sana, kesadaran bahwa pendidikan akademik saja tak cukup menjadi latar belakang ide awal taufiq dan pengajar lain mengubah konsep sekolah yang memiliki murid 105 itu.

Beberapa penghargaan sudah diraih oleh sekolah tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti raihan penghargaan adiwiyata tingkat kabupaten (2018) dan adiwiyata tingkat provinsi (2019). Tahun ini, SDN 2 Sengon akan bersaing dengan sekolah-sekolah lain untuk memperebutkan penghargaan serupa di tingkat nasional. (yos)

Berita Terkait

SD Negeri 2 Sengon Terapkan Sekolah Tanpa Plastik
Berita Terpopuler
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
Peristiwa  60 menit



Cuplikan Berita
Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Lumajang
Pojok Pitu

Puluhan Rumah Warga Pantai Sine Terendam Banjir Rob
Pojok Pitu

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19
Jatim Awan

Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber