Berita Terbaru :
   

Posyandu Disabilitas Dikalim Pertama di Indonesia Diawali di Desa Bedali
Kesehatan  Minggu, 08-03-2020 | 01:20 wib
Reporter : Jefri Siswanda
Malang pojokpitu.com, Adanya program baru yang bekerjasama untuk membentuk posyandu disabilitas digelar di Desa Bedali Kecamatan Lawan. Posyandu ini untuk penyandang disabilitas memiliki kebutuhan khusus, berdasarkan ragam disabilitasnya yang berkebutuhan khusus.

Posyandu disabilitas bentuk aksi nyata kepedulian terhadap masyarakat disabilitas, ini diklaim yang pertama kali terbentuk di Indonesia dan dibentuk Desember tahun 2019 serta berjalan 4 bulan sekarang ini.

Posyandu ini dibantu oleh Lingkar Sosial, Komunitas Bedali, Puskesmas Lawang, Dinas Sosial, Dinas PMD dan RSJ Lawang. Pada saat pendataan hanya 7 sampai 9 orang disabilitas.

Tetapi setelah terjun ke lapangan, dibantu bidan perawat dan perangkat desa dan bantuan lain-lain, masih banyak yang mengalami disabilitas maupun ODGJ. Dibentuknya Posyandu ini membantu mereka agar tidak terhambat menjalani pengobatan, dan setiap pemerikasaan di posyandu disabilitas ini ada 20 sampi 30 pemeriksa.

Untuk sistemnya ada yang datang sendiri, ada juga yang dijemput kendaraan ambulan puskesmas, PMI dan BMH. Pada saat penjemputanpun kadang terkendala karena ada yang lari ada yang tidak mau, tetapi tetap untuk mengajak atau dibujuk supaya mereka mau.

Dokter Umum Puskesmas Lawang, Yenny Ardiani, mengatakan,keluhan dari ODGJ ada yang sudah menjalani pengobatan, dan ada juga yang tidak mempunyai identitas, yang tidak mempunyai itu kadang di obati di posyandu ini. "Akan tetapi diarahkan untuk mengurus BPJS atau Kartu Indonesia Sehat, supaya pengobatan bisa di rumah sakit," kata Yenny Ardiani.

Kebanyakan diaabilitas ini adalah retaldesimental itu adalah iq yang kurang, epilepsi. Untuk epilepsi rata-rata sudah dalam pengobatan semua, untuk pelayanan mulai dari datang, isi pendaftaran, lalu di timbang berat badan, tinggi badan pengukuran tensi.

Poyandu ini dibantu oleh kader bidan dan perawat juga, selain itu ada konsultasi gizi dari ahli gizi, setelah itu ke dokter umum yang didampingi dokter spesialis.

Untuk pengobatannya dan keluhannya apa yang dirasakan, kemudian ada fisioterapi juga dari RSJ Lawang. Nantinya untuk pengembangan posyandu disabilitas ini baru 1 desa.

Harapannya di Kecamatan Lawang ada 12 desa, nantinya disetiap desa di Malang mempunyai posyandu disabilitas, dan untuk saat ini hanya memantau di wilayah Desa Bedali belum di Wilayah Malang lainnya. (yos)

Berita Terkait

Posyandu Disabilitas Dikalim Pertama di Indonesia Diawali di Desa Bedali
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Lumajang
Pojok Pitu

Puluhan Rumah Warga Pantai Sine Terendam Banjir Rob
Pojok Pitu

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19
Jatim Awan

Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber