Berita Terbaru :
Diduga Beri Keterangan Palsu, Staf Bawaslu Dilaporkan Polisi
Sampai Saat Ini, Pemprov Jatim Belum Memutuskan Kenaikan UMP 2021
Musim Panen Raya , Petani Mengeluh Harga Jual Tomat Sayur Rendah
Bangkalan Masuk Kabupaten Kategori Potensi Bencana Hidrometeorologi
Dinkop : Tidak Ada Pendaftaran Bantuan UMKM Secara Online
Pengerjaan Gedung Shelter Covid 19 Dimulai
Bawaslu Gandeng Santri Jadi Mitra Pengawasan Pilkada
Ribuan Pohon Ditanam di Bumi Perkemahan Glagah Arum Senduro
Masa Pandemi Bisa Tingkatkan Imun Untuk Refreshing di Coban Bidadari
Sekretaris DPC PPP: Meski Sudah Bukan Ketua DPC, Status Ra Mamak Tetap Kader PPP
Usai Pilkada Nanti, 22 Desa di Ngawi Gelar Pilkades
Pemkot Siapkan Pembelajaran Tatap Muka
   

Ini 9 Makanan Penambah Stamina Saat Lembur Kerja
Kesehatan  Senin, 02-03-2020 | 02:15 wib
Reporter :
Jakarta pojokpitu.com, Lembur karena pekerjaan menumpuk pada dasarnya bisa menguras stamina dan tenaga Anda. Lembur sah-sah saja dilakukan, namun jangan keseringan.

Kebanyakan lembur bisa membuat badan gampang sakit dan stamina jadi menurun. Untuk itu, simak apa saja makanan penambah stamina agar kerja lembur bisa tetap sehat dan bugar.

Makanan Penambah Stamina Saat Lembur

Untuk tetap bisa berkonsentrasi sekaligus tetap bugar saat lembur di kantor, Anda wajib makan makanan yang bernutrisi. Berikut adalah sembilan makanan yang bisa menambah stamina saat lembur.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi vitamin dan mineral. Di dalam buah pisang terdapat asupan karbohidrat, vitamin B, dan mineral kalium yang kadarnya cukup tinggi.

Kandungan nutrisi pada pisang tersebut mampu meningkatkan energi di dalam tubuh Anda. Selain itu, kandungan serat dalam buah pisang juga bisa menahan rasa lapar lebih lama. Anda pun jadi bisa menahan rasa lapar berlebih saat lembur di kantor.

2. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang dapat meningkatkan konsentrasi saat Anda bekerja. Perlu diketahui, bahwa kopi mengandung kafein yang dapat menghambat aktivitas adenosin, yaitu sebuah neurotransmitter di otak yang mampu meningkatkan produksi hormon epinefrin.

Hormon epinefrin yang meningkat ini mampu membuat tubuh berada dalam kondisi waspada dan mudah berkonsentrasi saat kerja lembur. Minum kopi saat lembur jangan banyak-banyak, ya. Usahakan tidak lebih dari dua cangkir kopi dalam semalam. Kebanyakan minum kopi bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

3. Makanan yang Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh

Asam lemak tidak jenuh adalah nutrisi yang dapat mencegah tubuh terasa lelah akibat terjadinya inflamasi (peradangan). Saat makan makanan mengandung nutrisi ini, nantinya tubuh bisa terhindar dari pegal linu karena lembur semalaman di kantor. Anda bisa mendapatkan makanan penambah stamina ini dari ikan salmon, ikan tuna atau alpukat.

4. Telur

Saat lembur dan mulai terasa lapar, Anda bisa makan telur rebus. Telur adalah makanan penambah stamina karena mengandung protein asam amino yang bisa meningkatkan asupan energi di malam hari.

Selain itu, protein dalam telur berfungsi membakar cadangan lemak di dalam tubuh untuk dijadikan energi. Ini bisa membuat stamina Anda tetap stabil dan meningkat walaupun harus bekerja hampir seharian.

5. Air putih

Saat lembur, penting untuk tetap minum air putih dalam jumlah cukup. Minum air putih, atau air mineral, berguna untuk mencegah dehidrasi. Pasalnya, orang yang dehidrasi rentan mengalami rasa lelah dan lemas pada tubuhnya. Pastikan Anda konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari saat lembur. Jangan sampai kurang, ya!

6. Vitamin B

Vitamin B1, B6 dan B12, merupakan salah satu vitamin yang dapat mencegah tubuh lemas dan mudah pegal-pegal. Konsumsi vitamin B saat Anda lembur juga dapat membantu mencegah tubuh lemas dan lesu. Anda bisa dapatkan manfaat makanan penambah stamina ini dengan mengonsumsi sayur bayam, selada, dan juga susu sewaktu harus lembur.

7. Buah Apel

Buah apel adalah salah satu makanan penambah stamina yang praktis dibawa untuk jam-jam lembur. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, makan apel dapat menghasilkan energi dan mengandung banyak antioksidan baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut sangat baik untuk membakar energi, sehingga stamina pun bisa tetap terjaga saat lembur.

8. Nasi merah

Nasi merupakan salah satu asupan karbohidrat yang penting dikonsumsi saat lembur. Selain mengandung indeks glikemik yang rendah, nasi merah juga bisa menjadi makanan yang menambah energi. Anda pun bisa kenyang tanpa perlu takut gendut karena makan nasi saat waktu kerja memanjang.

9. Minum Multivitamin

Selain dari makanan, Anda bisa minum multivitamin sebagai penambah stamina saat harus kerja lembur. Anda bisa minum multivitamin. Selain makan makanan bergizi, minum air putih, dan mengonsumsi multivitamin, usahakan juga untuk tidur cukup minimal 8 jam agar tubuh tetap sehat.

Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut tentang tips sehat saat lembur, Anda bisa konsultasi dengan dokter.(OVI/ RH/klikdokter/jpnn/yos)


Berita Terkait

Ini 9 Makanan Penambah Stamina Saat Lembur Kerja
Berita Terpopuler
Usai Pilkada Nanti, 22 Desa di Ngawi Gelar Pilkades
Pilkada  9 jam

Pemkot Siapkan Pembelajaran Tatap Muka
Malang Raya  10 jam

Masa Pandemi Bisa Tingkatkan Imun Untuk Refreshing di Coban Bidadari
Malang Raya  7 jam

Ribuan Pohon Ditanam di Bumi Perkemahan Glagah Arum Senduro
Peristiwa  7 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Banjir Lahar Ganggu Aktivitas Warga dan Penambang
Jatim Awan

Polisi Amankan 169 Orang Dalam Aksi Demo Lanjutan
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber