Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Haji 

Amphuri Jatim Sayangkan Kebijakan Penghentian Sementara Umroh Akibat Virus Corona
Kamis, 27-02-2020 | 17:42 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia, (Amphuri) menyayangkan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan jamaah umroh akibat virus corona. Pasalnya, pihak travel sudah melakukan persiapan serta pelunasan seluruh akomodasi minimal 10 hari ke depan.

Muhammad Sufyan, Ketua Amphuri Jatim mencatat kerugian akibat penghentian jamaah umroh mencapai Rp 36 milyar per hari. Ini lantaran pembayaran tiket pesawat, hotel, dan akomodasi jamaah selama di Mekkah dan Madinah sudah dibayar lunas 10 hari ke depan. Bahkan untuk tiket pesawat sudah dibayar lunas hingga bulan April.

Pengumuman yang baru diumumkan jam 2 dini hari tadi dinilai mendadak. Sebab jamaah yang dijadwalkan berangkat hari ini pun menjadi gagal berangkat. Sufyan mencontohkan jamaah yang seharusnya berangkat pada jam 11 siang tadi kini tertahan di Bandara Cengkareng Jakarta, lantaran tidak diperkenankan untuk terbang. Bahkan Maskapai Garuda Indonesia dan Citilink sudah melakukan pengembalian dana akibat gagal terbang.

"Kami meminta agar jamaah mengerti kondisi akibat virus corona dan mengajukan penawaran reschedule, tanpa harus membatalkan niat untuk umroh, lantaran seluruh biaya akomodasi sudah lunas dan tidak bisa dikembalikan ke calon jamaah," kata Muhammad Sufyan, Ketua Amphuri Jatim.

Salah satu calon jamaah umroh, Anang, yang akan berangkat pada 2 Maret mendatang mengaku, menerima keputusan penghentian sementara umroh, akibat pengaruh virus corona. Namun pihaknya ingin memastikan pada pihak travel agar tetap bisa berangkat usai kebijakan Arab Saudi dicabut.

Per hari ini layanan pengajuan visa untuk umroh secara sistem sudah ditutup, hingga batas waktu yang belum ditentukan. Amphuri berharap ada kelonggaran kebijakan bagi jamaah umroh yang sudah melakukan apply visa agar bisa tetap berangkat.(end)

Berita Terkait


Antisipasi Virus Corona, Ruang Polres Ponorogo Disemprot Disinfektan

Jangan Anggap Remeh! Andrea Dian yang Rajin Berolahraga Saja Bisa Positif Corona

Aktris Andrea Dian Positif Virus Corona

Cerita Pengusaha yang Mulai Terkena Dampak Virus Corona


Antisipasi Penyebaran Virus Corona Tamu Masuk Polresta Disemprot

Cegah Penyebaran Virus Corona, Layanan Sim Hanya Dibuka 4 Jam

Wabah Virus Corona, Kabupaten Situbondo 121 Orang ODP dan 3 Orang PDP

Perokok Berisiko Tinggi Tertulari Virus Corona
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber