Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sorot 

Gedung Pengadilan Agama Kepanjen malang, selalu dipadati antrian warga yang mau bercerai. foto: umar
Kabupaten Malang Masih Peringkat Satu Jawa Timur dan Dua Indonesia Dalam Perceraian
Rabu, 01-07-2015 | 20:54 wib
Oleh : Khaerul Anwar, Umar Mukhtar
Malang pojokpitu.com, Kasus perceraian di kabupaten Malang ternyata masih menempati peringkat satu di Jawa Timur dan urutan kedua di Indonesia, jika dilihat dari jumlah perceraiannya. Banyaknya jumlah perceraian ini terjadi karena factor ekonomi dan luasnya wilayah kabupaten Malang.

Banyaknya jumlah perceraian ini bisa dilihat di Pengadilan agama Kepanjen, kabupaten Malang. Dari data di pengadilan agama Kepanjen tercatat ada 4256 kasus perceraian yang masuk di pengadilan agama sejak bulan januari hingga sekarang. Untuk penyelesaiaan kasus per bulannya, di bulan juni ini saja sebanyak 556 kasus yang sudah selesai dan tiap harinya terdapat 50 hingga 90 sidang dengan 3 ruang sidang yang ada.

Hingga sekarang ini, sudah sebanyak 4497 kasus yang sudah diselesaikan di PA Kepanjen, dengan total pekerjaan rumah tahun lalu yang belum terselesaikan.

Menurut, Pasek PA Kepanjen Akhmad Muzaeri, bahwa angka perceraian di kabupaten Malang tetap rangking pertama se- Jatim dan kedua se-Indonesia.

Muzaeri menambahkan, bahwa banyaknya angka perceraian tersebut antara lain karenaluasnya  wilayah kabupaten Malang, faktor ekonnomi dan hadirnya orang ketiga.

Sementara itu, jumlah angka perceraian yang tinggi di kabupaten Malang, tentunya masih terkalahkan dengan kota Indramayu yang menjabat peringkat pertama di Indonesia.

Bahkan, permohonan perceraian yang diajukan ke PA Kepanjen, didominasi pasangan usia 30 tahun ke bawah yang masih labil dan selalu mengambil jalan pintas maslah keluarganya dengan bercerai. (tur)






Berita Terkait


Kabupaten Malang Masih Peringkat Satu Jawa Timur dan Dua Indonesia Dalam Perceraian


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber