Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Kemkominfo Ingatkan Potensi Penyebaran Virus Corona Lewat Kiriman Pos
Senin, 17-02-2020 | 06:15 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus corona, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Direktorat Pos Kemkominfo, mengimbau kepada penyelenggara pos agar bertindak antisipatif terhadap Covid -19 melalui pengiriman barang.

"Penyelenggara Pos diharapkan melakukan identifikasi yang dibutuhkan terhadap barang-barang kiriman pos, khususnya dari China dan Hongkong, serta negara-negara yang telah terdampak novel coronavirus," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Imbauan itu berdasarkan tembusan bersama antara Dirjen PPI Kemkominfo, Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Kepala Badan Karantina serta Pelaksana Tugas Direktur Pengendalian Pos dan Informatika.

Lebih lanjut, Ferdinandus berharap barang kiriman impor untuk menerapkan standar operasional prosedur (SOP), dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Direktorat Pos Kementerian Kemkominfo juga meminta penyelenggara pos untuk tidak melakukan pengiriman barang yang telah dilarang, berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian dan lembaga pemerintah terkait dengan antisipasi penyebaran virus corona.

Penyelenggara pos juga dapat melaporkan kepada Badan Karantina, Bea dan Cukai serta instansi pemerintah lainnya yang berwenang, apabila menemukan potensi jenis risiko penularan melalui barang yang dapat menjadi media pembawa penyebaran virus tersebut.

Kemkominfo juga mengharapkan seluruh penyelenggara pos untuk terus berpartisipasi aktif mencegah penyebaran Novel Coronavirus atau Covid-19 agar tidak masuk ke Indonesia, utamanya melalui kiriman barang. (mg8/jpnn/yos)

Berita Terkait


Cerita Pengusaha yang Mulai Terkena Dampak Virus Corona

Cegah Corona, Makam Sunan Bonang dan Asmoroqondi Ditutup

Corona Siaga, Tak Pengaruhi Aktivitas Pasar

Imbas Corona, Jatim Park Group Tutup Sebulan


Terdampak Virus Corona, Harga Buah Impor Cina Naik

Dampak Virus Corona, PJTKI Kurangi Pengiriman BMI

Dampak Virus Corona, Harga Bawang Putih Naik

Terdampak Virus Corona Harga Buah Import China Melambung
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber