Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bupati Pasuruan Diminta Bentuk Terpadu Terkait Busa Cemari Sungai
Minggu, 16-02-2020 | 21:14 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Dua peristiwa sungai yang tercemari busa dalam 2 hari ini mendapat tanggapan dari berbagai kalangan, salah satunya peduli lingkungan di Pasuruan.

Pasalnya busa-busa tersebut bukan karena faktor alam melainkan dugaan kuat karena limbah, diharapkan agar bupati setempat membentuk tim terpadu dalam mengatasi permasalah limbah yang kini mulai memprihatinkan.

Peritiswa busa yang tercemari busa di sejumlah sungai yakni sunga demper Kecamatan Pandaan, dan sungai welang di Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan, mendapat respon dari aktifis peduli lingkungan.

Menurut Ketua Wana Wiyata Widya Karya Sanggar Indonesia Hijau, Sugiarto, kedua peristiwa yang terjadi dalam dua hari ini terkait sungai yang tercemari busa, pihak pemerintah harus serius menangani permalahan tersebut.

"Dua peristiwa hamparan busa di sungai demper dan sungai welang bukan karenan fenomena alam, namun karena adanya kelalaian dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," jelas Sugiarto.

Dengan begitu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, harus membentuk terpadu untuk menangani permasalah limbah yang diduga kuat sudah mencemari lingkungan seperti sungai. 

Untuk diketahu, hamparan busa terlihat di sejumlah sungai di Pasuruan, pada Sabtu (15/2) pagi. Busa yang tidak diketahui asal muasalnya tersebut menutupi aliran sungai.

Bahkan peristiwa busa misterius itu meresahkan warga, pasalnya sungai selama ini oleh warga setempat digunakan untuk mandi dan cuci baju. Warga khawatir akibat adanya busa tersebut akan berdampak pada lingkungan dan kesehatan warga.

Sementara itu, pada Jumat kemarin busa juga mencemari kali demper pandaan, namun diduga disesabkan tumpahan hitam dari pengolahan plastik milik warga. (yos)




Berita Terkait


Limbah Beracun Ahirnya di Nganjuk Dievakuasi

Manfaatkan Limbah Plastik, Seorang Pemuda Ciptakan Lukisan Bernilai Seni

DLH Kesulitan Temukan Asal Muasal Dugaan Limbah Busa Cemari Sungai Welang

Bupati Pasuruan Diminta Bentuk Terpadu Terkait Busa Cemari Sungai


Limbah Beracun Ahirnya di Nganjuk Dievakuasi

Manfaatkan Limbah Plastik, Seorang Pemuda Ciptakan Lukisan Bernilai Seni

DLH Kesulitan Temukan Asal Muasal Dugaan Limbah Busa Cemari Sungai Welang

Limbah Tambak Udang Berdampak ke Aktifitas Belajar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber