Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Wabah Virus Corona Tak Pengaruh Aktivitas Pencari Codot
Sabtu, 15-02-2020 | 00:15 wib
Oleh : Ito Wahyu
Ngawi pojokpitu.com, Maraknya wabah virus corona yang diduga muncul dari kelelawar di China, tidak menurunkan minat sejumlah warga di Kabupaten Ngawi, untuk berburu kelelawar codot . Bahkan warga menyebut daging kelelawar jenis ini dapat menyembuhkan penyakit asma.

Seperti aktivitas Sudarno (58) dan Darmawan (35) warga Kelurahan Ketanggi Kecamatan,Kabupaten Ngawi. Saat malam hari, kedua warga tersebut berburu hewan malam yakni kelelawar "codot" atau biasa oleh warga disebut keket.

Sudarno mengaku sudah 10 tahun mencari "codot" untuk dikonsumsi dan dijual . bahkan tak jarang juga mendapat pesanan dari warga lain baik di wilayah Ngawi maupun kabupaten sekitar seperti Magetan dan Blora.

Karena diyakini daging "codot" ini dapat menjadi obat alternatif bagi penyakit asma. Ia sendiri tidak mematok harga untuk pembelian setiap ekor  "codot" yang akan digunakan sebagai obat tersebut.

Saat berburu "codot", ia hanya menggunakan 2 galah bambu yang diberi jaring dan ditempatkan disekitar pohon. "Dalam semalam, saya bisa mendapatkan  "codot" antara 50-100 ekor. Terlebih saat musim buah seperti sekarang ini," ujar Sudarno.

Sudarno menambahkan, jika dirinya tidak khawatir dengan maraknya wabah virus corona di berbagai negara yang diduga berasal dari kelelawar. Menurutnya "codot" yang ia cari untuk konsumsi ini merupakan jenis kelelawar pemakan buah, sehingga aman dikonsumsi.

Sebelum di konsumsi, kulit "codot" dibersihkan terlebih dahulu , selanjutnya direbus dalam air panas hingga bersih baru digoreng. (yos)

Berita Terkait


Gagal Berangkat, Ratusan Jamaah Umroh Disambut Haru Keluarga

Jamaah Umroh Asal Sumenep Gagal Berangkat Akibat Sterilisasi Virus Corona

Pemerintah Hormati Keputusan Arab Saudi Terkait Izin Umroh

Tiba di Singapura, 18 Jamaah Umroh Balik ke Bandara Juanda


Akibat Dampak Virus Corona, Harga Bawang Impor Cina Capai Rp 54 Ribu

Dampak Virus Corona Harga Bawang Putih Terus Naik

Terdampak Virus Corona, Eksport Kripik China Terhenti
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber