Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Siltap Kepala Desa Berpotensi Menguras ADD
Jum'at, 14-02-2020 | 15:29 wib
Oleh : Edwin Adji
Pacitan pojokpitu.com, Niatan Bupati Pacitan Indartato, talangi kekurangan dana desa penyetaraan penghasilan tetap perangkat desa tak berjalan mulus. Pasalnya para perangkat desa was-was pembayaran gaji yang semestinya dibayar, mendapat masalah kelak. Sementara Siltap kepala desa tersebut juga berpotensi mengurangi alokasi dana desa.

Penghasilan tetap perangkat desa di Kabupaten Pacitan, berpotensi menguras apbdes yang bersumber dari alokasi dana desa. Khususnya, bagi desa yang memiliki jumlah perangkat desa lebih dari sepuluh orang.

Selain kenaikan Siltap setara pegawai negeri sipil golongan II A, Pagu ADD yang tak banyak berubah dari tahun sebelumnya juga menjadi faktor utama tingginya penyerapan.

Dalam peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2019 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dimana besaran gaji pembantu kades telah diatur secara rinci.

Dimulai dari kades yang berhak mendapat gaji minimal Rp 2,4 juta per bulan dan sekretaris desa yang berhak memperoleh Siltap minimal Rp 2,2 juta per bulan.
Demikian juga perangkat desa yang menerima gaji minimal Rp 2 juta atau setara gaji PNS golongan II A, besaran itu pun mau tak mau mempengaruhi penghitungan add yang sudah ditetapkan.

Dimana  pembagian ADD untuk Siltap berpotensi melebihi batas maksimal 60 persen. Bahkan, berpotensi menguras ADD selama setahun bagi desa yang utamanya memiliki perangkat lebih dari sepuluh orang.

Bupati Pacitan, Indartato, berharap, agar siltap kepala desa tersebut dapat terpenuhi.dimana alokasi dana desa di Pacitan sendiri minimal 10 persen. "Jika hal tersebut dinaikkan maka dapat mempengaruhi pembangunan di Pacitan," ujar Indarto.

Sementara, pada tahun ini 6 desa tertinggal bakal mendapat dana desa tambahan. Besaranya sesuai dengan ketentuan dan rumus yang di tata oleh kementrian.

Targetnya dalam setahun silam,mereka bakal naik kasta minimal berkembang. Namun sebaliknya jika target tersebut tak terpenuhi maka desa tersebut bakal mendapat punisment, seperti pengurangan dana desa.

Berita Terkait


Siltap Kepala Desa Berpotensi Menguras ADD

Sejumlah Kepala Desa di Saradan Bersitegang Saat Musrenbang

Sidak Realisasi Dana Desa Diduga Tidak Sesuai RAB

Korupsi ADD, Kades Morang Dijebloskan ke Jeruji Besi


94 Santri Ponpes Al-Mawaddah Nglegok Blitar Keracunan Bakso

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Jajal Paddling di Pantai Mutiara

51 Peserta Stand Up Paddle Board Eksplor Pantai Trenggalek

Kalahkan Daddies di Final Japan Open 2019, Minions Ulangi Rekor Fantastis Ricky / Rexy
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber