Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Limbah Tambak Udang Berdampak ke Aktifitas Belajar
Jum'at, 14-02-2020 | 13:00 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Limbah tambak udang di Desa Pecinan Kecamatan Mangaran Situbondo, berdampak ke lingkungan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3. Jika musim panen tiba, rasa bau tak sedap mengakibatkan aktifitas belajar terganggu, bahkan sebagain guru pengajar dan siswa terasa mual-mual.

Bau limbah tambak di Dusun Kaliasin Desa Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran, ternyata juga menggangu aktifitas belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3. Saat pembuangan limbah di musim panen, bau limbah tambak udang menyebar ke sekolah selama 3 sampai 4 hari.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3, Umi Mahmudah, mengatakan, pembuangan limbah memang tidak setiap hari. "Dalam satu tahun tambak udang disamping sekolah, panen sedikitnya 3  kali atau per 3,5 sampai 4 bulan sekali," kata Umi Mahmudah.

Pembuangan limbah sangat mengganggu kegiatan di sekolah, hingga menyebabkan beberapa guru pengajar dan siswa harus dipulangkan lebih awal karena mengalami mual-mual. "Para siswa lebih banyak belajar di luar ruangan, karena tidak betah berada di dalam ruangan kelas dengan bau limbah tambak yang menyengat," ujarnya.

Selain menimbulkan pencemaran, keberadaan tambak tersebut menyebabkan tingginya kadar garam. Akibatnya, beberapa bagian gedung sekolah mengelupas karena terkena jamur garam.

Pihak sekolah berharap dan sekolah  meminta agar pemilik tambak memiliki ipal atau instalasi pengolahan air limbah. Agar limbah dan bau tak sedap tidak berdampak kepada warga serta lingkungan sekitar. (yos)

Berita Terkait


Limbah Tambak Udang Berdampak ke Aktifitas Belajar

Cemari Lingkungan, Warga Protes Pengembangan Tambak Udang

Puluhan Mahasiswa Tuntut Tambak Udang Ilegal Ditutup Permanen

Dinilai Ilegal, Pemkab Hentikan Pengerjaan Tambak Udang


Dinilai Ilegal, Pemkab Hentikan Pengerjaan Tambak Udang

Dewan Minta Pemprov Gelontor Penyertaan Modal untuk Tambak Udang

Petani Tambak Udang Merugi Akibat Cuaca Buruk

PT Garam Gandeng Perindo Bikin Tambak Udang
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber