Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Anak Usia Sekolah Rawan Gangguan Gigi dan Telinga
Jum'at, 14-02-2020 | 06:16 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Madiun pojokpitu.com, Dinas Kesehatan Kota Madiun melaksanakan pemeriksaan jemput bola ke sekolah, untuk pemantauan kesehatan anak. Dari pemeriksaan, banyak ditemukan gangguan gigi dan telinga, pada anak usia sekolah.

Petugas Puskemas Oro Oro Ombo melakukan pemeriksaan kesehatan anak usia sekolah di SDN Siti Hajar Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Sebanyak 48 murid dilakukan pemeriksaan kesehatan umum, yang meliputi cek tensi darah, tes buta warna, cek telinga, kulit dan gigi.

Pemeriksaan jemput bola, dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Madiun, melalui puskesmas, karena masih rendahnya kesadaran masyarakat, untuk memantau kesehatan anak usia sekolah. Orang tua, biasanya baru mendatangi puskesmas, klinik dan rumah sakit, ketika anaknya sudah menderita sakit. Tak jarang, kondisi tersebut, berdampak fatal, karena penyakitnya sudah parah.  

"Dari hasil pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan penyakit berbahaya. Dari  48 murid, sebanyak 30 anak, umumnya mengalami gangguan kesehatan gigi dan telinga. Gangguan pada gigi, yang ditemukan gigi berlubang, karang gigi, dan gigi sulung tak segera dicabut," kata Drg. Kus Ariwijayanti, Dokter Gigi Puskesmas Oro Oro Ombo.

Gangguan pada telinga,yang ditemukan berupa penyumbatan telinga, oleh kotoran. Jika tak segera ditangani, bisa mengurangi kemampuan pendengaran dan menyebabkan iritasi dan infeksi.

Penanganan lebih lanjut, murid yang mengalami gangguan kesehatan, akan dirujuk menjalani perawatan ke puskesmas setempat. Petugas menghimbau, orang tua dan wali murid, untuk memantau kesehatan anaknya, melalui pemeriksaan rutin di puskesmas terdekat.(end)

Berita Terkait


Anak Usia Sekolah Rawan Gangguan Gigi dan Telinga

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber