Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Meresahkan ! Jalan Desa Rusak Akibat Aktifitas Tambang Galian C Diduga Ilegal
Jum'at, 14-02-2020 | 04:17 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Jalan desa sepanjang 1,5 kilometer rusak akibat sering dilewati dump truk pengangkut tambang galian C. Parahnya, selama tambang galian C beroperasi bertahun-tahun tidak ada kompensasi terhadap warga setempat. Warga menduga jika galian C tersebut ilegal .

Sekitar 35 kepala keluarga di Dusun Moyo, Desa Blabakan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, mengeluhkan infrastruktur jalan yang rusak.  Kondisi akses transportasi menuju lahan persawahan dan ke wilayah lain itu bergelombang, sejumlah titik jalan yang berlubang menjadi genangan air hujan.

Warga menyebut kerusakan infrastrktur jalan, akibat banyaknya dump truk yang hilir mudik di jalan setempat. Kendaraan itu mengangkut tanah uruk, dari lokasi tambang galian C, yang berjarak sekitar lima meter dari permukiman.

Menurut warga, operasional tambang sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Sempat terhenti dan mulai aktif kembali sekitar enam bulan terakhir. Dugaan kuat aktifitas pertambangan di desa blabakan tersebut ilegal. Warga setempat hanya jadi penonton dan tidak tahu menahu kemana pendistribusian galian tanah uruk tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, satu alat berat tengah beroprasi mengeruk tebing di lahan tambang seluas satu hektar, sejumlah dump truk pun bergantian mengisi tanah tambang untuk di distribusikan ke suatu trempat. Bahkan diketahui, tambang tersebut merupakan milik slaah seorang perangkat Desa Blabakan, Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun.

Dari keterangan warga, selama aktifitas tambang galian C beroperasi,  belum ada upaya perbaikan jalan ataupun kompensasi dari pihak penambang terhadap warga setempat.(end) 

Berita Terkait


Satpol PP Awasi Lahan Galian di Desa Blabakan

Kejari Terima Laporan Adanya Aktiftas Tambang Galian C Ilegal Nekat Beroprasi

Meresahkan ! Jalan Desa Rusak Akibat Aktifitas Tambang Galian C Diduga Ilegal

Diduga Ilegal, Tambang Galian C Ditutup Polisi


Dispar: Pengusaha Tambang Galian C Salahi Komitmen

DARURAT, Jatim Butuh Segera Reklamasi Lingkungan Bekas Tambang Galian

Petugas Gabungan Sidak Kelengkapan Ijin Tambang Galian C

Bekas Tambang Galian Disulap Menjadi Lokasi Wisata Eksotis
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber