Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Pembuatannya cukup sederhana dan mudah, namun diperlukan jiwa seni. Hasil seni karya Sri Restuasih ini, kini sudah tersebar di sejumlah kolektor dan penggemar seni di Indonesia. Foto Saiful Mualimin
Seni Decoupage Mulai Digemari Ibu RT Mengisi Waktu
Jum'at, 14-02-2020 | 00:13 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Seorang ibu rumah tangga di Jombang memiliki hobi yang unik. Hobi yang disebut seni decoupage atau gunting tempel, kini sudah menjadi sumber tambahan penghasilan keluarganya.

Seni gunting tempel merupakan hoby Sri Restuasih, warga Desa Ceweng Kecamatan Diwek, Jombang. Ibu 2 orang anak tersebut setiap waktu menghabiskan hari-harinya di sebuah galery jodi craf yang ditata dan dihias dengan apik. 

Berbagai media kebutuhan seni decoupage yang sudah disiapkan dikerjakan dengan tenang. Selain bahan bekas, bahan-bahan decoupage seperti tisu bermotif harus dibeli dari luar negeri. Tisu bergambar ini dipotong sesuai kebutuhan, kemudian ditempel ke bahan lembaran plastik jenis khusus dengan cara dipanaskan. Sebelum akhirnya ditempelkan di kanvas menjadi pemandangan 3 dimensi. 

Sri Restuasih, mengaku membuat decoupage hanya menyalurkan hoby. Pembuatan seni ini sebenarnya cukup mudah, namun dibutuhkan ketelatenan. Hasil seninya selama ini dipajang galeri dan dijual dengan harga terendah Rp 25 ribu hingga Rp 600 ribu. Pemasarannya melalui pasar online dan offline.
 
Media sederhana lain yang laku keras di pasaran, decoupage media telenan berbahan kayu. Telenan yang hanya biasa digunakan sebagai alas mengiris bumbu dapur ini, dihias dengan apik dan cermat. Sehingga menjadi hiasan ruangan ataupun tempat menggantung kunci yang menarik. Selain itu sejumlah botol bekas, kaleng krupuk serta bahan bekas jenis lain juga menjadi bahan untuk memenuhi galeri miliknya.

Decoupage adalah seni menggunting dan menempel. Bahasa decoupage sendiri berasal dari bahasa prancis decouper. Meskipun tidak banyak yang menekuninya, jika dikerjakan secara serius menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. (pul)

Berita Terkait


Seni Decoupage Mulai Digemari Ibu RT Mengisi Waktu

Doyan Sabu, Dua Ibu Rumah Tangga Diadili

Ibu Rumah Tangga Tertangkap Jadi Pengedar Upal


Didakwa Aniaya Peserta Arisan, Ibu RT Dituntut 7 Bulan Penjara

Polisi Bondowoso Tangkap Ibu RT Pengedar Sabu

Dituduh Mencuri Uang, Ibu RT Aniaya Tetangganya

Polisi Ungkap Sindikat Pemalsu KTP untuk Kredit Bank, Pelakunya Dua Ibu RT
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber