Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Di kantin sekolah tersebut saat membayar makanan atau minuman tidak menggunakan uang tunai. Melainkan memakai kupon pembayaran yang harus mereka tukar. Foto Moch Sahid
Unik, Kantin Sekolah Ini Tidak Menerima Uang Tunai
Kamis, 13-02-2020 | 22:11 wib
Oleh : Moch Sahid
Bangkalan pojokpitu.com, Siapa yang tidak mengenal kantin sekolah, tempat favorit siswa untuk jajan maupun sekedar nongkrong saat bel sekolah berbunyi. Dari ratusan bahkan ribuan kantin sekolah yang ada di bangkalan, hanya kantin sekolah SMPN 5 Bangkalan yang unik dan berbeda.

Begitu bel sekolah waktu istirahat pertama berbunyi, ratusan siswa-siswi SMPN 5 Bangkalan, berhamburan keluar kelas menuju kantin sekolah yang letaknya berada di bagian depan samping ruang guru. Sekilas kantin sekolah yang diberi nama DE-5 Canteen tersebut, tidak berbeda dengan beberapa kantin sekolah yang ada di Bangkalan. Baik dari segi kebersihan maupun tatanan para pedagang, dan fasilitas lainnya, namun dari semua kantin sekolah itu mempunyai keunikan sendiri. Yaitu dari segi pembayaran yang sudah menerapkan pembayaran non tunai berupa kupon pembayaran.

Inovasi sistem pembayaran di kantin sekolah ini untuk mendidik rasa disiplin sekaligus mengenalkan sejak dini kepada siswa tentang sistem pembayaran non tunai.

Ariyani Wakasek Kesiswaan SMP 5 Bangkalan, sebelum siswa yang ingin jajan di kantin sekolah harus antri di tempat penukaran kupon pembayaran yang sudah disiapkan. Setelah itu para pedagang yang menerima kupon pembayaran dapat menukarkan kembali kupon pembayaran dengan uang tunai kepada pihak sekolah.

"Tujuan inovasi untuk menanamkan rasa disiplin kepada siswa dan membelajarkan siswa tentang pembayaran non tunai, sampai saat ini kendala yang dihadapi siswa membawa pulang kupon pembayaran, padahal peraturannya siswa tidak boleh membawa pulang kupon pembanyaran, akibatnya seringkali menyulitkan saat ada pengecekan," kata Ariyani.

Setiap harinya, pihak sekolah menyiapkan kupon pembayaran senilai Rp 4 juta  dengan nilai pecahan seribu, Rp 2 ribu dan Rp 5 ribu dengan rata-rata penukaran kupon pembayaran setiap harinya bisa mencapai Rp 2 juta.

Sementara itu Metania dan Helen 2 siswi SMPN 5 Bangkalan sangat senang dengan adanya kupon pembayaran ini. Karena selain unik, juga dapat melatih para siswa untuk belajar disiplin, namun seringkali lamanya waktu mengantri menukarkan kupon seringkali menjadi kendala siswa untuk dapat jajan di kantin sekolah ini. (pul)

Berita Terkait


Unik, Kantin Sekolah Ini Tidak Menerima Uang Tunai


Kantin SPMN 1 Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 10 Juta

Kantin Halal di Asrama Juga Sangat Nyaman

Diduga Mengandung Narkoba, Permen Jari Ditemukan di Kantin MI Mojokerto

Akhirnya Sekwan Tutup Kantin yang Memakai Ruang Wartawan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber