Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Prof Hwang Sik Jiu, Arsitek RS Penderita Corona di China Ternyata Asalnya Jember
Selasa, 11-02-2020 | 14:36 wib
Oleh : Syadid Fahmi
Jember pojokpitu.com, Hwang Sik Jiu belakangan senter menjadi bahan perbincangan seluruh dunia, karena berhasil membangun Rumah Sakit khusus penderita corona di China. Rumah Sakit berkapasitas 1000 pasien tersebut dibangun hanya dengan waktu 10 hari, dan siap digunakan untuk perawatan pasien corona.

Viralnya sosok Hwang Sik Jiu ini membuat sebagian guru, teman, hingga tetangganya saat di Jember ikut bangga mendengar prestasi Hwang. Karena berhasil mengarsiteki pembangunan Rumah Sakit khusus corona di China, dengan waktu 10 hari dan kini telah digunakan untuk perawatan pasien corona.

Hwang Sik Jiu pernah bersekolah di Chuang Hua School, lalu berubah nama menjadi SR dan SMP Tionghowa terletak di Kawasan Toko Mutiara Plaza Jember atau yang lebih dikenal sebagai Johar Plaza. Gedung sekolah Tionghowa tersebut kini masih berdiri kokoh, namun sudah alih fungsi sebagai kompleks toko.

Sekolah Tionghwa di Jember tutup sejak tahun 1966 karena konflik orde baru kala itu. Usai lulus SMP di Jember Hwang Sik Jiu lalu melanjutkan pendidikannya di Surabaya selama setahun, lalu pindah ke China sampai pendidikan profesor. Rekam jejak sejarah ini masih diingat oleh salah satu guru yang pernah mengajar di Chuang Hua Scholl Iwan Natawidjaja.

Iwan yang dulu mengajar bidang olahraga, tidak sempat bertemu dengan Hwang Sik Jiu. Karena waktu dirinya datang untuk mengajar, Hwang sudah lulus dan melanjutkan pendidikan di Surabaya. Namun dirinya masih sempat mengajar adik Hwang Sik Jiu. "Hwang merupakan sosok yang cerdas dan tidak banyak bicara, sehingga tidak salah kini bisa menjadi sosok yang pintar dan sukses," kata Iwan Natawidjaja.

Sementara itu menurut salah satu tetangga Hwang di Jalan Samanhudi, Nardi Hermanto, saat kecil Hwang sosok yang ramah tidak banyak tingkah, serta terkenal pintar. "Bahkan saat kedatangannya ke Jember terakhir kali pada tahun 2010 lalu, sikapnya sangat sopan dan tidak sombong. Padahal di China cukup terkenal di kalangan pemerintahan karena keahliannya dalam bidang arsitektur," kata Nardi Hermanto tetangga Hwang Sik Jiu

Orangtua Hwang Sik Jiu merupakan perantau asal Malang dan menetap di Jember sampai meninggal dunia. Hwang Sik Jiu beserta adiknya dilahirkan di jember. Namun usai menempuh pendidikan di Jember hingga jenjang SMP,  seluruhnya melanjutkan ke Surabaya lalu melanjutkan dan menetap di China hingga sekarang. (pul)

Berita Terkait


Terkendala Wabah Virus Corona, Begini Doa Jamaah Umroh di Mekkah

Gagal Berangkat, Ratusan Jamaah Umroh Disambut Haru Keluarga

Jamaah Umroh Asal Sumenep Gagal Berangkat Akibat Sterilisasi Virus Corona

Pemerintah Hormati Keputusan Arab Saudi Terkait Izin Umroh


Pasien yang Sempat Dirawat di RSUD Blambangan Negatif Virus Corona

Dampak Virus Corona Pada Ekspor Impor Jatim

Kemkominfo Ingatkan Potensi Penyebaran Virus Corona Lewat Kiriman Pos

Pemkab Himbau Kepada Warga Lamongan , Bahwa Para Mahasiswa Bebas Virus Corona
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber