Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Pengelola wisata pantai di wilayah Banyuwangi Utara mengeluhkan banyaknya sampah kiriman yang mengotori kawasan pantai. Foto Handoko
Wisata Grand Watu Dodol Banyuwangi Dipenuhi Sampah Kiriman
Sabtu, 08-02-2020 | 02:20 wib
Oleh : Iqbal Mustika dan Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Sampah kiriman mulai memenuhi area pantai sejak datangnya musim hujan. Kuat dugaan sampah kiriman ini datang dari Kabupaten Bondowoso dan Jember pasca terjadinya banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sampah memenuhi pantai watu dodol, Desa Bangsring, Kecamatan, Wongsorejo, Banyuwangi. Sampah kiriman berupa sampah organik. Namun tidak sedikit pula sampah plastik.

Menurut Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) pesona bahari, Abdul Azis, banyaknya sampah sangat menggangu aktivitas di kawasan pantai. Wisatawan juga tidak merasa nyaman dengan keberadaan sampah-sampah tersebut.

"Sampah kiriman semakin hari semakin banyak, tidak hanya mengotori pantai, sampah juga membuat perairan Selat Bali khususnya bagian utara tampak kotor. Keberadaan sampah di perairan Selat Bali juga mengganggu aktivitas nelayan dan pengelola perahu wisata," kata Abdul Azis.

Perahu melintas di perairan yang banyak sampah harus hati-hati. Sebab sampah plastik kadang menyangkut ke baling-baling perahu. Selama ini anggota Pokmaswas bersama nelayan setiap hari selalu membersihkan sampah tersebut. Setiap hari pagi hingga sore bersihkan sampahnya bisa lebih dari 4 bak motor roda 3. Karena jika tidak dibersihkan akan terus menumpuk dan membahayakan nelayan.

"Meski pada pagi hari dibersihkan, tengah hari sampah kiriman sudah menumpuk kembali, sehingga sore hari harus dibersihkan lagi," kata Abdul Azis.

Dia menduga sampah itu merupakan kiriman dari wilayah hulu sungai. Sampah organik seperti ranting pohon dan dedaunan kemungkinan berasal dari alam. Namun kalau sampah plastik dia meyakini masyarakat sengaja membuang sampah rumah tangga ke sungai. (pul)

Berita Terkait


Wisata Grand Watu Dodol Banyuwangi Dipenuhi Sampah Kiriman

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber