Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Awalnya Terbuang, Kini Biji Salak Jadi Minuman Kopi Berkhasiat Alami
Sabtu, 08-02-2020 | 00:05 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Banyaknya biji salak yang terbuang tanpa guna, menginspirasi seorang warga di Jombang mengolah menjadi minuman. Dengan berbekal inovatif dan ketekunan dirinya mengolah biji salak menjadi kopi biji salak yang memiliki multi manfaat. Selain memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina biji, salak ini mengandung nutrisi yang baik buat kesehatan.

Di tangan Kuswartono, warga Desa Kedungrejo Kecamaan Megaluh, Jombang, biji salak yang biasanya dibuang bisa bernilai ekonomis. Biji yang dihasilkn dari perkebunan salak di desa tetangganya di jadikan minuman sejenis kopi.

Cara mengolahnya tidak ubahnya seperti kopi, biji salak setelah dijemur kering langsung dimasukkan mesin oven. Dengan suhu panas tertentu sekitar 2 jam, biji salak telah gosong dan dikeluarkan.

Untuk menjadikan seperti bubuk kopi, biji salak digiling hingga 2 kali menggunakan mesin penggiling. Penggilingan yang kedua, biji salak telah berubah menjadi serbuk halus dan jadi bubuk kopi salak.

Agar menarik, bubuk biji salak dikemas dengan kemasan yang memikat. Usaha ini telah mempekerjakan 4 orang, karena kapasitas produksinya berkisar 25 kilogram perhari.  

Kuswartono, pemilik usaha kopi biji salak ini mengatakan untuk menjadi minuman yang bermanfaat  produsen telah melakukan sejumlah uji lab uji nutrisi biji salak.  "Hasilnya ternyata kopi biji salak  memilik banyak fungsi seperti mengatasi asam urat, mencegah hipertensi dan menambah stamina. Produk rumahan ini kini mudah didapat di toko swalayan, toko tradisional dan toko online," kata Kuswartono.
 
Untuk memenuhi kebutuhan produksinya pemilik usaha ini bekerja sama dengan sentra salak Desa Sentul Kecamatan Tembelang, yang menjadi tetangga desanya.  namun karena banyak peminat kini pihaknya sudah mulai kesulitan mendapatkan bahan baku.

Harga bubuk kopi inipun cukup terjangkau setiap 100 gramnya hanya dijual Rp 10 ribu. Anda penasaran dan ingin merasakan sensasi lain kopi biji salak. (yos)

Berita Terkait


Awalnya Terbuang, Kini Biji Salak Jadi Minuman Kopi Berkhasiat Alami

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber