Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Antiseptik alami dipergunakan para pelajar maupun guru, saat mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas di sekolah. Foto: Juli Susanto
Pelajar SD Ciptakan Antiseptik Mencegah Virus Corona
Selasa, 04-02-2020 | 23:10 wib
Oleh : Juli Susanto
Surabaya pojokpitu.com, Pelajar SD di Surabaya ciptakan antispetik alami dari jeruk lemon dan daun sirih, untuk menangkal virus corona, yang sudah mewabah.

Mereka Tim Sains Sekolah Dasar Muhammadiyah 20 Surabaya.Punya inovasi untuk menangkal virus corona, yang sudah mewabah, dengan membuat sebuah antiseptik alami berbahan dasar herbal.

Kyara, salah satu pelajar SD kelas 5 mengatakan, sebelum membuat antispetik terlebih dahulu melakukan riset selama kurang lebih satu minggu. Hasilnya, jeruk lemon dan daun sirih menjadi ramuan alami untuk membuat antispetik.

"Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, daun sirih direbus dengan air sekitar 2 gelas sampai mendidih. Apabila sudah mendidih, air dan daun sirihnya dipisahkan terlebih dahulu, lalu lemon yang sudah disiapkan diperas kemudian dicampurkan dengan air daun sirih, beserta sisa lemon yang sudah diperas," kata Kyara.

Setelah jadi, antispetik alami tersebut dimasukkan ke dalam botol, dan dipergunakan para pelajar maupun guru, saat mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas di sekolah.

Sementara itu, Choirul Alimin Humas SD Muhammadiyah 20 mengatakan, pihak sekolah berusaha sejak dini menerapkan cuci tangan dengan antispetik alami kepada anak-anak. "Karena cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas adalah perilaku hidup sehat untuk menjaga tubuh dari ancaman berbagai virus dan penyakit termasuk corona," kata Choirul Alimin. (pul)

Berita Terkait


Antisipasi Virus Corona, Ruang Polres Ponorogo Disemprot Disinfektan

Jangan Anggap Remeh! Andrea Dian yang Rajin Berolahraga Saja Bisa Positif Corona

Aktris Andrea Dian Positif Virus Corona

Cerita Pengusaha yang Mulai Terkena Dampak Virus Corona


Cegah Penyebaran Virus Corona, Layanan Sim Hanya Dibuka 4 Jam

Wabah Virus Corona, Kabupaten Situbondo 121 Orang ODP dan 3 Orang PDP

Perokok Berisiko Tinggi Tertulari Virus Corona

Antisipasi Virus Corona, Ruang Polres Ponorogo Disemprot Disinfektan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber