Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Penemuan Situs Kerajaan di Dekat Area Pembangunan Bandara
Selasa, 04-02-2020 | 15:00 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Sebuah situs yang diyakini peninggalan era kerajaan ditemukan dekat area terdampak pembangunan bandar udara kediri. Benda bersejarah tersebut berupa struktur batu bata kuno yang menyerupai bangunan drainase.

Terkait temuan tersebut, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat tengah melakukan koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Struktur batu bata kuno ini, ditemukan di Dusun Tanjung Etan, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, tepatnya di dekat punden pandu kusumo wiryo. Ada 2 struktur bangunan dari bata berukuran besar yang berada di tebing sungai tersebut.

Pada struktur yang lebih luas terdapat 31 lapis bata yang kelihatan dengan beberapa cluster ruangan. Sementara, salah satu cluster terdapat sebuah terowongan yang dalam dengan diameter sekitar 20 centimeter.

Yuli Marwantoko , Kabid Sejarah Dan Purbakala Disbudpar Kabupaten Kediri, mengatakan, bangunan tersebut ditengari sebuah instalasi keairan atau drainase dimasa kerajaan.

"Untuk memastikannya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, melakukan koordinasi dengan Balai Pelestari Cagar Budaya Jawa Timur di Trowulan. Terlebih lokasi situs berada di dekat proyek strategis nasional bandara Kediri," kata Yuli Marwantoko.

Untuk diketahui, Desa Grogol masuk dalam area terdampak pembangunan bandara kediri. Di sekitaran lokasi penemuan situs kini telah dibebaskan oleh PT Surya Doho Investama, Sdi, anak perusahaan gudang garam yang bertindak sebagai investor.

Berita Terkait


Penemuan Situs Kerajaan di Dekat Area Pembangunan Bandara

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber