Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Limbah RPH Perparah Pencemaran Sungai Bengawan Solo
Kamis, 30-01-2020 | 03:08 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Air sungai bengawan solo di Bojonegoro, tercemar limbah Rumah Potong Hewan (RPH). Dari hasil penelitian dinas lingkungan hidup setempat, kotoran hingga darah hewan yang dibuang ini kian memperparah kondisi pencemaran di sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Seperti kondisi sungai bengawan solo, tepatnya di Kelurahan Ledok Wetan Kecamatan Kota Bojonegoro, air sungai terlihat berwarna keruh kecoklatan.

Kondisi tersebut diperparah adanya limbah dari Rumah Potong Hewan (RPH), yang terletak di pinggir sungai, tepatnya di utara pasar Kota Bojonegoro ini, dibuang begitu saja ke aliran sungai bengawan solo. 

Setiap hari limbah darah bercampur kotoran hewan mengalir deras ke bibir sungai terpanjang di Pulau Jawa ini. Selain mencemari sungai, keberadaan limbah juga meresahkan warga setempat karena menimbulkan bau yang tidak sedap.

Murty Asih Fatimah, Kabid Konservasi dan Pengendalian Lingkungan DLH Bojonegoro, mengatakan, dari hasil kajian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, limbah dari rumah potong hewan tersebut kian memperparah kondisi pencemaran sungai bengawan solo.

Sebelumnya pihak DLH melakukan uji laboratorium di 4 titik, sepanjang sungai bengawan solo yang melintasi Bojonegoro. "Hasilnya kandungan air seperti, power of hidrogen (PH), beochemical oxygen demand (BOD), chemical oxygen d3mand (COD), semua melebihi baku mutu, atau sudah tercemar berat," kata Murty Asih Fatimah.

Sementara itu, pihak pengelola rumah potong hewan, dari dinas peternakan yang berada di lokasi enggan dimintai keteranganterkait pembuangan limbah tersebut. (yos)

Berita Terkait


Bupati Pasuruan Diminta Bentuk Terpadu Terkait Busa Cemari Sungai

Busa Misterius Tutupi Aliran Sungai Wrati Resahkan Warga

Polisi Akan Periksa Pekerjayang Menjadi Penyebab Cat Pewarna Cemari Lingkungan

Cat Pewarna Pupuk Cemari Sungai Kecil di Perumahan Gresik Kota Baru


Plt Bupati Sidoarjo dan DLHK Sidak Sungai yang Dibuangi Limbah Berbusa

Diduga Ada Kebocoran dari Limbah Pabrik, Air Sungai diDesa Sumput Menjadi Berbusa

Manfaatkan Limbah Daun Jagung Jadi Pohon Natal

Tim Gakkum KLHK Ambil Sample Diduga Limbah B3 di Tulungagung
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber