Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Ribuan Koleksi Buku Perpustakaan dan Kearsipan Ngawi Rusak
Kamis, 30-01-2020 | 01:15 wib
Oleh : Ito Wahyu
Ngawi pojokpitu.com, Ribuan koleksi buku pada dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Ngawi rusak. Kerusakan ribuan buku tersebut diduga karena faktor usia serta ulah nakal pengunjung, saat membaca dan meminjam buku bacaan tersebut.

Petugas dari dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Ngawi melakukan pemilahan dan pendataan ulang terhadap koleksi buku. Terlebih saat ini perpustakaan juga menempati gedung baru. Dari hasil pemilahan ini diketahui banyak buku yang dalam kondisi rusak.

Kepala bidang deposit pengembangan dan pengolahan bahan pustaka, dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Ngawi, Suyatno menjelaskan, dari jumlah koleksi total sebayak 47 ribu eksemplar dari 16 ribu judul, diketahui 20 persen atau sekitar 9.400 eksemplar buku dalam kondisi rusak. "Kerusakan sendiri dikarenakan faktor usia buku dan ulah nakal pengunjung," jelas Suyatno.

Berbagai kerusakan tersebut mayoritas tidak bisa diperbaiki, karena ada bagian buku yang sobek atau hilang seperti sampul atau isi buku yang rusaksobek. "Mengantisipasi kerusakan lebih lanjut, pihaknya akan lebih teliti dalam mengecek buku yang dipinjam pengunjung atau warga," imbuhnya.
   
Suyatno menambahkan, setiap tahun pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp100 juta untuk pengadaan buku baru. Dari nilai tersebut kurang lebih bisa didapat sekitar 1.700 eksemplar buku baru. (yos)

Berita Terkait


Ribuan Koleksi Buku Perpustakaan dan Kearsipan Ngawi Rusak

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber