Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Menikmati Segarnya Wisata Sumber Air Alami Sendang Arum
Rabu, 29-01-2020 | 21:12 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Bingung cari tempat liburan murah dan nyaman?, di Kabupaten Bojonegoro ada salah satu sendang di pedesaan, yang disulap warga sekitar menjadi tempat wisata air dengan sumber yang air alami yang jernih. Selain itu, disini juga bisa berenang sepuasnya dengan cukup hanya membayar parkir motor sebesar Rp 2 ribu saja.

Wisata alami sendang tirta arum ini ada di Desa Sumberarum Kecamatan Dander Bojonegoro. Wisata sendang tirta arum yang dikelola oleh kelompok sadar wisata atau pokdarwis. Sebagai tempat wisata keluarga ini, lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bojonegoro, yakni hanya 15 kmilometer ke arah selatan.

Dengan hanya membayar tiket parkir Rp 2 ribu, pengunjung bisa menikmati asyiknya berenang gratis dari sumber air alami yang jernih, dan tidak pernah kering saat musim kemarau sehingga bisa untuk mandi sepuasnya.

Selain itu, disini juga dilengkapi beragam permainan naik perahu karet hingga perahu bebek, dengan membayar Rp 10.000 rupiah sekali naik.
Saat musim liburan datang, Subani, pengelola wisata alami ini mengaku, bisa mencapai 250 motor pengunjung yang parkir, dan menghasilkan pemasukan hingga jutaan rupiah untuk jasa sewa perahu dalam satu hari.

Dulunya, sendang ini hanya untuk mandi dan mencuci oleh warga sekitar. Namun saat mulai tahun 2017, warga sekitar mencoba untuk menata menjadi tempat wisata yang bisa menghasilkan pemasukan lebih kepada warga sekitar. "Saya juga ingin agar sendang ini menjadi tempat wisata yang murah namun juga memiliki sarana yang lengkap," kata Subani.

Selain itu, pengembangan wisata desa seperti di Desa Sendang Tirta Arum ini tak lepas dari tangan para mahasiswa, yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat saat musim libur sementer.

Seperti halnya para mahasiswa asal Kabupaten Bojonegoro yang kuliah di Surabaya ini, mereka memanfaatkan libur kuliahnya untuk kegiatan pengembangan dan perbaikan fasilitas tempat wisata, seperti mengecat ulang wahana spot selfie dan yang lainnya.

Hal ini dilakukan para mahasiswanya untuk ikut serta berkontribusi mengembangkan tempat wisata didaerahnya yakni Kabupaten Bojonegoro. (yos)

Berita Terkait


Menikmati Segarnya Wisata Sumber Air Alami Sendang Arum

Bunga Bunga Cantik Refugia Jadi Pembasmi Hama Dan Icon Desa

Memperdayakan Potensi Desa Dengan Wisata Alam

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber