Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

DPRD Jatim Minta Jembatan Timbang Harus Segera Diaktifkan Kembali
Rabu, 29-01-2020 | 14:46 wib
Oleh : Ayul Andhim
Surabaya pojokpitu.com, Pembiayaan perbaikan jalan nasional yang mengalami kerusakan akibat adanya truk yang melebihi muatan cukup besar mencapai Rp 43 triliun, persoalan ini sangat membebani pemerintah. Salah satu solusi untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan pengaturan tonase atau muatan.

Namun selama ini tidak bisa berjalan maksimal, sehingga yang bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara kembali mengaktifkan jembatan timbang.

Banyaknya jalan nasional yang rusak akibat masih banyaknya truk-truk yang over kapasitas atau kelebihan muatan, menjadi persoalan yang perlu diselesaikan.

Kuswanto, Ketua Komisi D DPRD Jatim, mengatakan, karena pemerintah setiap tahun harus mengeluarkan anggaran pembiayaan jalan rusak mencapai Rp 43 triliun, hal ini sangat membebani pemerintah. "Salah satu solusi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengaturan tonase atau muatan barang," ujar Kuswanto.

Namun selama ini tidak bisa berjalan maksimal, sehingga salah satu cara adalah dengan kembali mengaktifkan jembatan timbang, namun yang jadi persoalan jembatan timbang sekarang diambil alih oleh pemerintah pusat.

Komisi D DPRD meminta jembatan timbang kembali diserahkan ke Jatim.

Dari puluhan jembatan timbang yang ada saat ini  hanya 9 yang jembatan yang siap beroperasi, adanya truk yang over muatan ini juga berdampak kepada jalan tol, dan rawan dengan terjadinya kecelakaan lantaran laju kendaraanya tidak bisa mencapai kecepatan yang maksimal. (yos)

Berita Terkait


DPRD Jatim Minta Jembatan Timbang Harus Segera Diaktifkan Kembali

PAD Jembatan Timbang Turun, Dishub Klaim Pelanggaran Berkurang

Pungli Dishub Terekam Video Anggota Dewan Yang Menyamar


Laka Truk di Jembatan Timbang, Sang Sopir Terjepit
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber