Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

Serobot Lahan Saudara Sendiri, Tim PRC Pengembalian Aset Negara Malang Turun Tangan
Rabu, 29-01-2020 | 02:03 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Permasalahan warisan tanah diwilayah Kabupaten Malang, memang sering menimbulkan perpecahan antara saudara sendiri. Seperti yang terjadi di wilayah Gondanglegi, Kabupaten Malang ini misalnya.

Tanah warisan orangtua yang diserobot saudara sendiri dan menjualnya kepada anaknya, hingga mengeluarkan akta jual beli di Kantor Desa Panggungrejo, yang disinyalir bekerjasama dengan kepala desa lama, Khoirul Arifin yang sudah tidak menjabat. Kini, tim reaksi cepat pengembalian aset negara malang turun tangan untuk menengahi persoalan ini.

Menurut Ahmad Saifullah, Ketua Trc Pan Malang menjelaskan, lahan seluas kurang lebih 1700 meter persegi milik Salamah, yang mendapatkan warisan dari orangtuanya, Sirat yang juga memiliki 4 orang istri tersebut dan memiliki 9 anak, namun semuanya mengetahui pembagian itu.

Namun, salahsatu saudara yang merupakan kakak tertua Salamah, abdul kholik telah menyerobot lahan tersebut, dengan mengatasnamakan adiknya majid yang telah menjual kepadanya.

Tidak hanya itu, melalui kepala desa terdahulu, Khoirul Arifin, Kholik telah menjual lahan tersebut kepada anaknya sendiri, Khusairi dihadapan kepala desa dengan mengeluarkan akta jual beli.

Seharusnya, jual beli harta warisan harus diketahui ahli waris semuanya untuk bisa meloloskan penjualan lahan tersebut. Namun kades ini langsung melegalkan dan mengeluarkan AJB tersebut.

Hal itu dilaporkan Tim Reaksi Cepat Pengembalian Aset Negara Malang atau TRC PAN, yang turut meluruskan kepemilikan lahan tersebut kepada Salamah, yang merupakan pemilik lahan itu, dengan meluruskan ke kantor desa dengan sebelumnya mengukur batas lahan.

Dalam mendatangi Kantor Desa Panggungrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, juga dihadiri adik-adik salamah yang menyatakan mengetahui bahwa lahan milik Salamah, dan sempat ditemui perangkat desa,  lantaran kades sedang ada acara.

Mereka berharap, pihak desa mau membatalkan atas penjualan lahan terhadap KLhusairi, anak dari Abdul Kholik kakak dari Salamah, dan mengembalikan kepemilikan lahan tersebut kepada yang berhak. (yos)

Berita Terkait


Menang Kasasi, Akhirnya KH Fatoni Kembali Kuasai Perum ABR

Warga Meminta Kepastian Tanah Apakah Milik PT. KAI Atau Tanah Negara

Serobot Lahan Saudara Sendiri, Tim PRC Pengembalian Aset Negara Malang Turun Tangan

Sengketa Lahan, Warga Segel SD Negeri dan Lapangan Sepakbola


Sengketa Lahan, Perangkat Desa Turut Campur Sembunyikan Informasi

PN Tolak Gugatan Warga Terkait Sengketa Lahan Eks-Perkebunan Kaligentong

Berawal Sengketa Lahan, Penebang Kayu Dilaporkan ke Polisi

Sengketa Lahan Waduk, Risma Diminta Patuhi Putusan MA
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber