Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Camilan Stick Luar Biasa Kreasi Siswa SLB
Rabu, 29-01-2020 | 01:15 wib
Oleh : Oknita Lukma, Jefri Siswanda
Berita Video : Camilan Stick Luar Biasa Kreasi Siswa SLB
Malang pojokpitu.com, Pengembangan keterampilan yang maksimal, tentunya membuat siswa berkebutuhan khusus dapat mengeksplorasi kemampuannya dengan berbagai inovasi. Seperti halnya SLB Idayu 2 Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, yang membekali siswanya dengan keterampilan tataboga.

Meski memiliki kekurangan, anak berkebutuhan khusus bukan berarti tidak memiliki potensi. Pengembangan keterampilan yang maksimal

Tentunya membuat siswa berkebutuhan khusus dapat mengeksplorasi kemampuannya dengan berbagai inovasi. Untuk menumbuhkan jiwa kemandirian melalui kewirausahaan, SLB Idayu 2 Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, membekali siswanya dengan beberapa keterampilan salah satunya yakni tata boga.

SLB Idayu 2 Pakis mengajarkan keterampilan tataboga, yang memiliki nilai jual yakni camilan stick. Keterampilan tataboga yang baru berjalan 1bulan tersebut banyak ditekankan pada siswa kelompok tuna rungu dan tuna wicara. Camilan dengan nama stick luar biasa ini sendiri juga dibuat dari siswa yang luar biasa dengan bahan-bahan yang aman dikosumsi. Seperti tepung terigu, margarin, telur, garam, serta pewarna alami.

Pewarna alami yang gunakan berasal dari buah naga untuk menghasilkan warna merah. Pada proses produksi, siswa didampingi guru tataboga untuk membimbing sekaligus memantau berjalannnya produksi.

Kepala Sekolah Idayu 2 Pakis , Saiful Rizal, mengatakan, 6 siswa dalam proses produksi memiliki tugas masing-masing, mulai dari persiapan bahan dan pembuatan adonan, penggilingan adonan agar pipih hingga menjadi bentuk stick, penggorengan stick, serta tahap akhir yakni pengemasan.

Stick luar biasa tersebut dijual dengan harga Rp 5 ribu dalam kemasan seberat 120 gram. Siswa juga berkreasi dengan 2 varian yakni stick original dan stick buah naga.

"Setiap 1x produksi yang dilaksanakan tiap hari kamis dapat menghasilkan sebanyak 25 pack stick luar biasa. Untuk pemasaran produk tersebut masih di sekitar sekolah dan para guru," kata Saiful Rizal.

Dengan adanya keterampilan yang diajarkan oleh sekolah, diharapkan setelah lulus sekolah, para siswa memiliki bekal dalam berwirausaha. (yos/VD:YAN)

Berita Terkait


Camilan Stick Luar Biasa Kreasi Siswa SLB

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber