Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

470 Nasabah Tertipu KSP Tinara Banyuwangi, Puluhan Orang Melapor ke Polda Jatim
Selasa, 28-01-2020 | 16:56 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Belum selesai perkara investasi bodong Memiles di Polda Jatim, kasus serupa terjadi di Banyuwangi. Ratusan nasabah melapor Polda Jatim, telah menjadi korban penipuan Koperasi Simpan Pinjam Tinara di Rogojampi, Banyuwangi. Pimpinan koperasi diduga membawa kabur dana nasabah yang mencapai Rp 250 miliar.

10 dari 470 nasabah yang menjadi korban Koperasi Simpan Pinjam Tinara di Rogojampi Banyuwangi ini melaporkan Linggawati, pimpinan koperasi ke Polda Jatim, Selasa (28/1) sore. Linggawati, diduga membawa kabur dana nasabah yang nilainya mencapai Rp 250 miliar.

Para nasabah menjelaskan, bila modus yang dilakukan Koperasi Tinara ini dengan menjanjikan bunga koperasi 11 persen per tahun. Atas iming-iming ini, ratusan masyarakat tertarik menjadi nasabah dengan mendepositokan dananya.  Nasabah yakin tak akan menjadi korban penipuan,  lantaran Linggawati, pimpinan KSP Tinara merupakan Ketua Komunitas Tionghoa beragama Budha di Rogojampi.

Salah satu nasabah adalah Nyoto Cahyono, yang mendepositokan dana hingga Rp 4,5 miliar. Awalnya, Nyoto mendapatkan bunga Rp 900 juta per bulannya. Namun sejak September 2019, Nyoto dan nasabah lain, tak lagi mendapatkan bunga koperasi. Nasabah semakin curiga ketika koperasi hanya memberi janji dan Linggawati susah dihubungi.

Sementara itu, Abdul Malik, kuasa hukum para nasabah menduga Koperasi Tinara ini abal-abal untuk menipu nasabah. Pihaknya akan melaporkan Linggawati , pimpinan KSP Tinara dengan dugaan penipuan dan tindak pencucian uang.

Nasabah berharap Polda Jatim berani membongkar penipuan di Koperasi Tinara dan bisa mendapatkan uangnya kembali. (end)

Berita Terkait


470 Nasabah Tertipu KSP Tinara Banyuwangi, Puluhan Orang Melapor ke Polda Jatim

Kasus Ksp Reog Ngendon, Nasabah Geruduk Polres Ponorogo

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber