Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Seharusnya Pemberi dan Penerima Jasmas yang Dijadikan Terdakwa
Selasa, 28-01-2020 | 09:25 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Darmawan, mantan anggota DPRD Surabaya yang menjadi terdakwa korupsi proyek jasmas mendapat angin segar, 2 ahli hukum dari UWK berpendapat bila seharusnya terdakwa Darmawan tak seharusnya diadili. Justru seharusnya pemberi dan penerima proyek jasmaslah yang seharusnya diadili.

Keterangan tersebut diungkapkan 2 ahli hukum perdata dan pidana, Umi Enggarsasi dan Edy Krisharyanto, dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (27/1) sore. Menurutnya, terdakwa Darmawan, mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2015 ini, seharusnya tak diadili dengan pasal 55 KUHP.

Herman Hidayat, penasehat hukum terdakwa Darmawan, menjelaskan, hal ini dikarenakan peran terdakwa Darmawan yang merupakan anggota DPRD, hanya membantu pemkot dan warga. Justru seharusnya yang diadili adalah pemberi atau penerima proyek jasmas.

"Anehnya, hingga saat ini tak ada satupun dari pejabat di Pemkot Surabaya selaku pemberi proyek yang dijadikan tersangka oleh Kejari Tanjung Perak," kata Herman Hidayat.

Sekedar diketahui, dalam dakwaan disebutkan bila terdakwa Darmawan berperan merekomendasikan 69 proposal nama-nama RT  penerima proyek jasmas kepada narapidana Agus Setiawan Tjong, yang telah divonis 6 tahun penjara.

Akibat perbuatan terdakwa yang merupakan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 ini, negara dirugikan sebesar Rp 1,211 miliar.

Terdakwa darmawan didakwa melanggar pasal 2 ayat 1 undang-undang nomor 31 tahun 2019 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, juncto pasal 55 ayat 1 KUHP. (yos)

Berita Terkait


Korupsi Jasmas, Sugito Eks Anggota DPRD Surabaya Dituntut 2 Tahun 6 Bulan

Dewan Desak Pemkot Realisasikan Rp 112 Miliar Dana Jasmas di APBD

Seharusnya Pemberi dan Penerima Jasmas yang Dijadikan Terdakwa

Korupsi Jasmas Mulai Menyebut Nama Pejabat Pemkot


Tiga Terdakwa Korupsi Jasmas Anggap Dakwaan Jaksa Tidak Cermat

Terdakwa Jasmas Dianggap Melanggar Tidak Pidana Korupsi

Usai Bongkar Kasus Jasmas, Kajari Tanjung Perak Dimutasi

Tersangka Jasmas, Ratih Tidak Aktif di Dewan, Pimpinan DPRD Akan Surati Partai
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber