Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pembebasan Lahan Belum Tuntas, Pembangunan Kali Lamong Terhambat
Senin, 27-01-2020 | 16:32 wib
Oleh : Ayul Anhdim
Surabaya pojokpitu.com, Persoalan pembangunan tanggul Kali Lamong diperkirakan baru bisa dibangun akhir 2021 nanti. Dari hasil pertemuan antara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur bersama Komisi D DPRD Jatim ,Senin siang (27/1), ada persoalan yang sampai saat ini tidak kunjung selesai, yakni pembebasan lahan di empat daerah yang dilalui Kali Lamong. Persoalan pembebasan lahan diserahkan setiap kabupaten dan Kabupaten Gresik yang sangat besar pembebasan lahannya dengan anggaran mencapai Rp 600 milyar.

Pembebasan lahan Kali Lamong yang diserahkan setiap kabupaten/kota menjadi persoalan tersendiri,sehingga pembangunan tanggul Kali Lamong tidak kunjung bisa dilakukan. Di tahun 2020 ini, pembangunan belum bisa dilakukan dan diperkirakan tahun 2021 akhir baru bisa dibangun.

"Anggaran pembangunan tanggul Kali Lamong sendiri sudah siap dari APBN Rp 1,04 triliun. Kini tinggal menunggu pembebasan lahan di empat kabupaten,yaitu Mojokerto, Surabaya,Lamongan dan Kabupaten Gresik, dan yang paling banyak pembebasan lahan mencapai 149 hektar adalah di Kabupaten Gresik dengan anggaran mencapai Rp 600 milyar," kata Isgianto, Plh Kepala Balai Besawar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Jatim, Hidayat, meminta setiap kabupaten yang terlibat segera melakukan langkah langkah pembebasan lahan, agar pembangunan tanggul Kali Lamong bisa segera dibangun.

Dalam pembebasan lahan Komisi D DPRD Jatim meminta kabupaten bisa segera berkoordinasi dengan pemerintah provinsi bila tidak memiliki anggaran yang cukup.(end)


Berita Terkait


Pembebasan Lahan Belum Tuntas, Pembangunan Kali Lamong Terhambat

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber