Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Teknologi ini memungkinkan seluruh tekhnologi tersebut merubah limbah popok menjadi batu-bata, pupuk, hingga media tanam. Foto Yusmana Windarto
Dalam Tahap Review, Jatim Segera Miliki Teknologi Pengolahan Daur Ulang Popok
Jum'at, 24-01-2020 | 20:12 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Sidoarjo pojokpitu.com, Mengaku memiliki tekhnologi hidrothermal atau penggunaan temperatur tinggi, sebuah perusahaan popok terbesar kawasan Sidoarjo, akan menerapkan alat pendaur ulang limbah popok. Dengan memiliki tekhnologi pengolahan popok bayi bekas, maka pencemaran lingkungan dapat diminimalkan.

Perusahaan popok terbesar Indonesia yang ditempatkan di Kabupaten Sidoarjo, tengah mereview penerapan alat pendaur ulang limbah popok. Tekhnologi ini yang disebut hidrothermal atau penggunaan temperatur tinggi ini akan merubah limbah popok menjadi olahan batu-bata, pupuk, dan media tanam. Penerapan tekhnologi telah sukses dilakukan di Bandung, dan segera diterapkan di Jawa Timur.

Menurut Benydictus Hindrawan, Lant Manager PT Softex Indonesia di Sidoarjo, dalam proses hidrothermal itu, popok bayi diuraikan menjadi cair dan padat yang digunakan menjadi pupuk cair. Bahkan bisa diubah menjadi bata, asbak dan lainnya. Teknologi pengolahan pupuk tersebut segera diterapkan di Jawa Timur. Meski belum bisa dipastika, namun teknologi pengolahan limbah popok akan segera dijalankan pada tahun lalu.

Penerapan tekhnologi pendaur ulang limbah popok di Jatim, tengah dalam tahap assessment dan review. "Diharapkan tahun ini, kami sedang mencari partner bank sampah yang mau bekerja sama dengan perusahaan popok," tambah Benydictus Hindrawan.

Berdasarkan data badan pusat statistik atau BPS Jawa Timur, terdapat 800 ribu popok bayi umur nol hingga 3 tahun di Jawa Timur. Dari angka itu, setiap bayi rata-rata sehari memakai 4 popok, dan total mencapai 3,2 juta popok. Bahkan sesuai data ecoton, sampah popok yang mencemari sungai di Surabaya mencapai 37 persen dari total jumlah limbah popok di sungai. (pul)

Berita Terkait


Dalam Tahap Review, Jatim Segera Miliki Teknologi Pengolahan Daur Ulang Popok

Unik dan Kreatif, Jalan Sehat Tampilkan Kostum Daur Ulang Sampah

Daur Ulang Sampah Hasilkan Buku Tulis


Siswa Kreatif Daur Ulang Sampah Menjadi Barang Berharga
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber