Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Cabai Meroket Hingga Rp 85 Ribu Per Kilogramnya
Jum'at, 24-01-2020 | 01:13 wib
Oleh : Samsul Alim
Bojonegoro pojokpitu.com, Harga cabai di pasar tradisional di Kabupaten Bojonegoro, terus melambung tinggi. Kenaikan harga terjadi beberapa kali sejak 2 pekan terakhir hingga menembus Rp 85 ribu perkilogram, terutama jenis cabe rawit.

Pedagang menduga kenaikan harga cabe, terjadi karena berkurangnya pasokan cabe dari petani, akibat dampak cuaca buruk, serta curah hujan tinggi.

Melambungnya harga cabe tersebut, seperti yang terpantau di Pasar Kota Kabupaten Bojonegoro. Harga cabai melonjak drastis sejak 2 pekan terakhir setelah tahun baru.

Kenaikan harga bahkan terjadi sebanyak lima kali, dari kisaran harga Rp 35 ribu perkilogram, kini sudah menembus harga Rp 85 ribu perkilogramnya, terutama cabe rawit.

Sementara untuk cabe rawit , saat ini berada dikisaran Rp 85 ribu perkilogram atau naik drastis dari harga sebelumnya, cabe plompong atau merah besar, saat ini mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Kartini, pedagang di pasar setempat mengaku, naiknya harga cabe yang cukup signifikan ini diduga akibat menipisnya stok cabe di pasaran, menyusul dampak cuaca buruk dan curah hujan tinggi. "Sehingga pasokan yang datang dari petani di daerah penghasil, menjadi turun dan terhambat," kata Kartini.

Mahalnya harga beberapa komoditas tersebut membuat pedagang resah, sebab omzet mereka turut mengalami penurunan hingga mencapai 30 persen dibanding hari biasa.

Salah seorang pembeli, Lizza, mengatakan, bahwa kenaikan hargai cabai saat ini membuat dirinya resah, dirinya menuturkan bahwa cabai merupakan salah satu bahan masakan yang pokok baginya, Lizza berharap semoga kenaikan harga cabai ini cepat berangsur turun.

Para pedagang memperkirakan, tingginya harga cabe dan bawang ini, diperkirakan akan berlanjut, setidaknya hingga satu sampai 2 pekan mendatang. (yos)

Berita Terkait


Harga Cabai Meroket Tembus Rp 80.000 Perkilogram

Pedagang Pasar Wonokromo Keluhkan Naiknya Harga Cabe

Harga Cabai Meroket Hingga Rp 85 Ribu Per Kg

Harga Cabai Meroket Hingga Rp 85 Ribu Per Kilogramnya


Pasokan Terbatas, Harga Cabai Melonjak

Dampak Cuaca Harga Cabai Makin Mahal

Harga Cabai di Kota Batu Naik 100 Persen

Cuaca Bruk, Harga Cabai Meroket Hingga Tembus Rp. 60.000 Perkilogram
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber