Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Jelang Imlek, Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Berhias
Kamis, 23-01-2020 | 21:15 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Berbagai persiapan mulai dilakukan para umat tridharma dalam menyambut perayaan tahun baru imlek ke 2571, di tempat ibadah Tri Dharma Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Jawa Timur.

Para umat tri dharma kini mulai sibuk mempersiapkan fasilitas sarana dan prasarana, yang akan digunakan pada hari perayaan imlek mendatang.

Suasana tempat ibadah tri dharma klenteng kwan sing bio di jalan RE Martadinata Tuban ini, masih tampak sepi. Belum ada aktivitas sembayangan bersama ataupun ritual keagamaan berjamaah, menjelang tahun baru imlek yang akan jatuh pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang.

Namun demikian pada Kamis (23/1) pagi, sejumlah umat tri dharma dan karyawan di klenteng terbesar se asia tenggara tersebut, kini sudah mulai sibuk dengan berbagai persiapan menjelang imlek.

Diantaranya mengecat bagian depan dan ruangan altar, membersihkan dan mengganti lampu lampion, menyediakan lilin dan hio untuk piranti sembayangan, serta membersihkan sarana ibadah dan sembahyangan lainnya.

Ketua Pengurus Harian Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, mengatakan, menyambut pergantian tahun baru cina tersebut persiapan mulai dilakukan sejak dini. "Diantaranya, mempersiapkan sarana dan prasarana serta membersihkan tempat ibadah untuk sembayangan nanti," ujarnya.

Aktivitas tersebut dipersiapkan untuk menyambut para pengunjung yang biasanya berdatangan dari berbagai daerah di nusantara. "Baik untuk beribadah hingga berwisata pada hari perayaan imlek besok," kata Gunawan Putra Wirawan.

Menyambut tahun tikus tanah ini, pihak klenteng berharap bangsa indonesia bisa bertambah maju, aman, sejahtera, serta terhindar dari bencana.

Meski tahun ini masuk sio tikus tanah, warga etnis Tionghoa tetap meyakini hari raya imlek ke 2571, merupakan tahun penuh kesuksesan dan keberhasilan, bagi para pedagang maupun perekonomian.
 
Namun, pada sio tikus tanah ini dinilai kurang baik bagi mereka yang bekerja di bidang petanian. Karena diyakini lahan pertanian akan banyak di serang hama.

Untuk itu pihak kelenteng kwan sing bio akan berdoa untuk para petani, agar pertanian sebagai sumber kemakmuran tidak gagal panen. (yos)

Berita Terkait


Cap Goh Meh, Menjadi Ajang Menjaga Kerukunan dan Toleransi

Tahun Tikus Logam, Ini Arah Fengsui untuk Keberuntungan

Libur Imlek Bongkar Muat di Pelabuhan Rakyat Gresik Sepi

Imlek, Tradisi Unjung - Unjung di Kampung Pecinan Kapasan Dalam


Mall Jadi Jujukan Warga Surabaya Isi Liburan Imlek

Jaga Kenyamanan Warga Tionghoa Rayakan Imlek, Polres Bangkalan Siagakan Personel

Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Ritual Doa dan Sembahyang Bersama

Libur Imlek, Warga Suabaya Berebut Keluar Kota Hingga Menyebabkan Kemacetan Panjang
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber