Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Bersama ratusan pasukan BPBD Jatim dan Marinir, Gubernur menemukan ular phyton sepanjang 5 meter yang terbawa excavator saat pengerukan sampah di sungai. Foto Usrox Indra
Antisipasi Banjir Juanda, Gubernur Jatim Pimpin Bersih-Bersih
Rabu, 22-01-2020 | 11:20 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Antisipasi terjadinya banjir di wilayah Surabaya-Sidoarjo Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Selasa (21/1) malam hingga Rabu (22/1) dinihari memimpin aksi bersih-bersih sungai buntung di Waru Sidoarjo.

Ancaman banjir saat intensitas hujan tinggi dilakukan pemerintah Propinsi Jawa timur, dengan melakukan aksi bersih-bersih sungai buntung. Anak sungai brantas yang menjadi aliran sungai utama di Kawasan Sidoarjo Utara.

Dipimpin langsung Gubernur Jawa timur, Khofifah Indar Parawansa, sejumlah alat berat excavator dan ratusan pasukan dari BPBD Jatim dan Marinir dikerahkan untuk mendukung program bersih-bersih sungai buntung yang ada di Kawasan Waru-Sidoarjo.

Selain berhasil mengangkat ratusan kubik tanaman enceng gondok, dan sampah yang menyangkut di sungai, Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga mendapati sejumlah bangkai binatang yang ikut terangkat excavator. Diantaranya seekor ular phyton sepanjang lebih dari 5 meter yang tersangkut excavator.

"Aksi bersih-bersih sungai buntung sengaja digelar sebagai upaya untuk antisipasi meluapnya aliran sungai buntung yang memicu terjadinya banjir di Kawasan Sidoarjo Utara, khususnya kawasan bandara Juanda seperti yang terjadi tahun lalu," kata Khofifah Indar Parawansa.

Melalui aksi bersih-bersih sungai yang dilakukan hingga Rabu dini hari itu, Khofifah berharap agar masyarakat di bantaran sungai bisa sadar dan tidak membuang sampah ke sungai. Karena bisa menjadi faktor utama penyebab banjir. (pul)

Berita Terkait


Antisipasi Banjir Juanda, Gubernur Jatim Pimpin Bersih-Bersih

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber