Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Sejumlah warga di sekitar kawasan Jembatan Mangleng Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi, menggali gua di lereng perbukitan. Gua tersebut, kedepannya akan dijadikan lokasi wisata. Foto: Herpin Pranoto
Warga Rame-Rame Menggali Gua Untuk Pariwisata
Senin, 20-01-2020 | 23:11 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Lokasi gua Mangleng, sedang digali oleh warga Desa Wakah Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Gua tersebut, berada dipinggir sungai yang berhulu di lereng gunung lawu. Penggalian dimulai bulan September 2019 atau setelah 1 suro.

Digali secara manual, kedalaman gua tersebut sekitar 10 meter dengan ketinggian sekitar 1 meter. Penggalian gua berawal dari ritual ghaib sejumlah warga yang kemudian bermimpi bertemu ular besar. Informasi bernuansa mistis tersebut kemudian dihubungkan dengan cerita dari leluhur.tentang keberadaan gua yang tertutup pintunya oleh longsoran. 

"Jika ditemukan gua tersebut akan dijadikan magnet, untuk pengembangan lokasi pariwisata," kata Sumarmin warga setempat.

Selain gua, kawasan tersebut sebenarnya sudah memiliki keindahan alam yang menawan. Serta pemandian tua, yang terbengkalai. Pemandian tersebut, pada zaman Kolonial Belanda, telah dijadikan kolam renang.

Terlepas dari cerita mistis sebagai motivasinya, upaya warga untuk menggali gua dan mengembangkan pariwisata patut diapresiasi. Selain berada ditengah jalur wisata lereng gunung Lawu Utara, lokasi tersebut juga berdekatan dengan Agro Tekno Park milik Pemkab Ngawi. (pul)

Berita Terkait


Desa Sekapuk Ubah Bekas Galian Tambang Menjadi Objek Wisata Alam yang Mempesona

Bupati Bebaskan Pajak Untuk Penunjuk Jalan Wisata di Kecamatan Kasembon

Air Terjun Guyangan Permata, Tersembunyi Dibalik Bukit Pegunungan Argopuro

Warga Rame-Rame Menggali Gua Untuk Pariwisata

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber