Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Tabung Gas LPG Subsidi Bakal Dicabut Pemerintah, Warga resah
Senin, 20-01-2020 | 16:30 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Rencana pemerintah akan mencabut subsidi harga tabung gas 3 kilogram, menuai penolakan pedagang kaki lima di Sidoarjo. Mereka menganggap harga baru tabung gas dinilai memberatkan.

Pencabutan subsidi tersebut, mengakibatkan harga tabung gas ukuran 3 kilogram naik drastis. Selama ini harga tabung gas ditingkat pengecer hanya Rp 18 ribu.

Namun, jika dicabut subsidinya diperkirakan akan naik hingga Rp 34 ribu. Kondisi inipun dinilai warga yang biasa berjualan kaki lima, merasa keberatan.
 
Mereka menilai kenaikan harga tabung gas ukuran 3 kilogram, sangat berat bagi kelangsungan usahanya. Selama ini untuk kebutuhan memasak dan berjualan makanan, mereka mengandal tabung gas ukuran 3 kilogram yang harganya terjangkau dibandingkan tabung gas ukuran 12 kg.
 
Seperti yang diutarakan Utari, pedagang kaki lima di pasar Tanggulangin ini, merasa keberatan, dengan rencana pemerintah menaikkan harga tabung gas melon.
 
Hal senada juga diutarakan Anton, salah satu pedagang kaki lima dijalan Ahmad Yani, dirinya merasa terbebani dengan rencana kenaikan tersebut.

Selain itu, dampak kenaikan akan mengurangi keuntungan dan bertambahnya biaya dapur. Tidak itu saja, rencana kenaikan tabung gas ukuran 3 kilogram dinilai waktunya tidak tepat.

Hampir bersamaan dengan kenaikan iuran BPJS, pajak, dan listrik, sehingga menambah beban buat mereka.
 
Meski hingga saat ini belum dipastikan kapan waktu akan dicabutnya subsidi harga tabung gas, namun, rencana tersebut membuat warga khawatir dan keberatan.

Mereka berharap, agar pemerintah mengkaji ulang rencana pencabutan subsidi harga tabung gas ukuran 3 kilogram, sehingga mereka tetap bisa berjualan. (yos)

Berita Terkait


Tabung Gas LPG Subsidi Bakal Dicabut Pemerintah, Warga resah

Banyak Konsumen LPG Subsidi yang Tidak Tepat Sasaran

LPG Subsidi Langka, Pangkalan Kosong Pengecer Kesulitan Barang

Makin Langka, Harga LPG 3 Kg Melambung Hingga Tembus Rp 21 Ribu

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber