Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Plt Bupati Sidoarjo dan DLHK Sidak Sungai yang Dibuangi Limbah Berbusa
Minggu, 19-01-2020 | 16:03 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Berita Video : Plt Bupati Sidoarjo dan DLHK Sidak Sungai yang Dibuangi Limbah Berbusa
Sidoarjo pojokpitu.com, Untuk menindaklanjuti adanya gelembung busa putih di sungai dam Desa Sumput, Kecamatan,Kabupaten Sidoarjo, Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo, Sigit Setyawan, DLHK provinsi Jatim, serta Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, meninjau langsung kondisi air sungai dam sumput. peninjauan ini untuk mengambil sampel airnya yang kemarin terdapat busa yang diduga limbah berbahaya.

Gelembung busa berwana putih sudah tidak muncul di aliran sungai dam sumput. Pihak BBTKLPP Surabaya mengambil sampel air sungai, untuk mengecek kadar power of hydrogen (PH) air, kandungan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dalam air serta 32 parameter kandungan pada peraturan gubernur.
 
Petugas gabungan baik dari polisi dan dlhk kabupaten sidoarjo masih melakukan penelusuran perusahaan yang membuang limbah tersebut, karena pembuangan limbah ke sungai merupakan pidana.
 
Plt Bupati Sidoarjo,Nur Ahmad Syaifudin, mengatakan, respon cepat Pemkab Sidoarjo, bersama instansi terkait DLHK Sidoarjo bekerjasama dengan DLHK Pemprov Jatim dan BBTKLPP Surabaya, untuk mengambil sampel agar segera diketahui penyebab air berbusa itu.
 
"Kalau busa itu disebabkan karena limbah pabrik, yang membuang limbah harus diberi tindakan pidana. Tidak boleh membuang limbah sembarangan,karena berbahaya," kata Nur Ahmad Syaifuddin.

Sementara itu,  sampel air itu akan diteliti dan hasilnya baru diketahui sekitar 14 hari kedepan. Pengambilan sampel ini, menindak lanjuti keresahan warga. Kandungan limbah busa tersebut diindikasikan ada zat kimia yang berbahaya. (yos/VD:YAN)

Berita Terkait


Limbah Beracun Ahirnya di Nganjuk Dievakuasi

Manfaatkan Limbah Plastik, Seorang Pemuda Ciptakan Lukisan Bernilai Seni

DLH Kesulitan Temukan Asal Muasal Dugaan Limbah Busa Cemari Sungai Welang

Bupati Pasuruan Diminta Bentuk Terpadu Terkait Busa Cemari Sungai


Limbah Beracun Ahirnya di Nganjuk Dievakuasi

Manfaatkan Limbah Plastik, Seorang Pemuda Ciptakan Lukisan Bernilai Seni

DLH Kesulitan Temukan Asal Muasal Dugaan Limbah Busa Cemari Sungai Welang

Limbah Tambak Udang Berdampak ke Aktifitas Belajar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber