Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Danny Wahid, ketua DPD Real Estate Indonesia, Rei Jawa Timur. Foto: Selvy Wang
Rei Jatim Pastikan Tidak Ada Developer Syariah
Sabtu, 18-01-2020 | 17:47 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Real Estate Indonesia atau Rei Jawa Timur menyebut bahwa tidak ada developer syariah. Ini menanggapi banyaknya kasus penipuan developer yang mengatasnamakan Agama. Namun yang ada hanya sistem pembayaran syariah yang bekerjasama dengan perbankan.

Maraknya kasus penipuan pengembang perumahan atau developer syariah akhir-akhir ini, meresahkan masyarakat. Menanggapi hal itu, Danny Wahid, ketua DPD Real Estate Indonesia, Rei Jawa Timur menjelaskan bahwa tidak ada developer syariah.

"Namun yang ada hanya sistem pembiayaannya secara syariah yang tentu saja bekerjasama dengan pihak perbankan syariah," kata Danny Wahid.

Danny meminta masyarakat agar tidak tergiur dengan iming-iming yang mengatasnamakan agama atau menggandeng tokoh agama tertentu, "Karena jika mau aman membeli properti maka harus menggandeng pihak perbankan," imbuhnya.

Namun jika ingin membeli properti langsung mengangsur ke developer atau sistem Inhouse, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti membuat ikatan jual beli di notaris, pembayaran pajak harus diselesaikan, mengecek jenis sertifikat yakni jika untuk perumahan makaharus sertifikat hak guna bangunan. "Selanjutnya yakni mengecek ijin mendirikan bangunan atau IMB," kata Danny.

Tak hanya itu, pembeli juga harus melihat lokasi perumahan, untuk mengecek pembangunan sudah dimulai atau belum. Serta memastikan apakah developer tersebut.

"Saat ini juga ada aplikasi yang dikembangkan kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, untuk mengecek validitas developer, yang bernama si kumbang atau sistem kumpulan informasi pengembang," tuturnya.

Sementara itu, Danny juga memastikan Rei memverifikasi setiap developer yang masuk sebagai anggota, bukan developer abal-abal. (yos)

Berita Terkait


Rei Jatim Pastikan Tidak Ada Developer Syariah

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber