Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Bagus Sasmito, Kabid Perdagangan Dalam Negeri. Foto: Ayul andim
Dampak Cuaca Harga Cabai Makin Mahal
Sabtu, 18-01-2020 | 14:54 wib
Oleh : Ayul andim
Surabaya pojokpitu.com, Kenaikan harga cabai yang mencapai harga Rp 65 hingga RP 70 ribu per kilogramnya, dibenarkan Disperindag Provinsi Jawa Timur. Menyebutkan bahwa lonjakan sejumlah harga komoditi termasuk cabai dipicu dampak dari cuaca yang mulai memasuki musim hujan.Sehingga mengakibatkan hasil tani cabe rusak.

Bagus Sasmito, Kabid Perdagangan Dalam Negeri mengatakan, kondisi tersebut dipastikan akan mulai stabil pada Februari mendatang. Sebba menyambut pesta panen cabe di Kediri yang diyakini bisa menstabilkan harga.

"Kenaikan harga sejumlah komoditi sudah terdeteksi sejak awal bulan Januari, yang dipicu karena dampak cuaca yang mulai memasuki musim penghujan, sehingga banyak lahan petani yang mengalami kerusakan dan gagal panen," kata Bagus Sasmito.

Selain itu, timbulnya hama dan virus yang menyerang tanaman mengakibatkan kerusakan. Sehingga stok cabe menurun sementara permintaan meningkat.Kondisi tersebut memicu terjadinya lonjakan harga komoditi seperti cabe yang mencapai Rp 65 hingga RP 70 ribu per kilogramnya.

"Namun kondisi ini dipastikan akan mulai stabil pada Februari mendatang, menyambut pesta panen cabe yang akan berlangsung di Kediri, Lamongan, Tuban dan Banyuwangi," jelas Bagus.

Disinggung kelangkaan cabai, apakah akan berdampak adanya pembatasan sementara untuk mensuplay di luar daerah Jawa Timur, pihaknya menyebutkanselama ini di Jawa Timur untuk stok komoditi cabe masih cukup.Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga telah mengirimkan surat edaran ke Bupati Walikota, terutama sentra produksi tanaman yang memang rentan terhadap perubahan iklim. Agar lebih memprioritaskan kebutuhan masyarakat Jawa Timur sebelum dikirim ke daerah-daerah yang lain. (pul)

Berita Terkait


Harga Cabai Meroket Tembus Rp 80.000 Perkilogram

Pedagang Pasar Wonokromo Keluhkan Naiknya Harga Cabe

Harga Cabai Meroket Hingga Rp 85 Ribu Per Kg

Harga Cabai Meroket Hingga Rp 85 Ribu Per Kilogramnya


Pasokan Terbatas, Harga Cabai Melonjak

Dampak Cuaca Harga Cabai Makin Mahal

Harga Cabai di Kota Batu Naik 100 Persen

Cuaca Bruk, Harga Cabai Meroket Hingga Tembus Rp. 60.000 Perkilogram
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber