Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

Proyek Pendangkalan Sungai Diduga Jadi Penyebab Banjir
Jum'at, 17-01-2020 | 16:29 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Hujan deras membuat sungai di depan Kelurahan Sisir Kota Batu tak cukup menampung air dan mengakibatkan banjir di sepanjang jalan Semeru Kota Batu. Atas kejadian tersebut, Kelurahan Sisir, bersama DPUPR Kota Batu melakukan normalisasi sungai sisir yang meluap akibat hujan deras.

Hujan deras yang terjadi Rabu sore (15/1) sekitar pukul 16.00 WIB kemarin, mengakibatkan banjir setinggi mata kaki di sepanjang jalan Semeru Kelurahan Sisir Kecamatan, Kota Batu.

Hujan deras selama kurang lebih 1 jam kemarin, membuat air tak tertampung di Sungai Sisir dan menggenangi 8 rumah warga di sepanjang Jalan Semeru.

Akibat banjir ini, pihak Kelurahan Sisir bersama Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan normalisasi di sepanjang sungai depan Kelurahan Sisir, yang banyak dipenuhi sampah dan juga material batu. Dengan menggunakan alat berat, Dinas PUPR melakukan pembersihan batu besar yang ada di dalam sungai yang diduga menjadi penyebab melubernya air sungai.

Kepala Kelurahan Sisir, Sasongko Fitra, menjelaskan, usai terjadi banjir Rabu sore, pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah kejadian yang sama terulang. Bersama Dinas PUPR dan BPBD pihaknya melakukan normalisasi di sepanjang sungai sisir.

Siswoyo, warga terdampak banjir asal jalan Semeru no 14 RT 6 RW 9 Kelurahan Sisir mengatakan, selama dirinya menempati rumahnya puluhan tahun ini, tak pernah terjadi banjir di lingkungan sekitarnya.

Banjir diduga adanya proyek bronjong di dasar sungai yang kemudian disemen, sehingga membuat pendangkalan sungai yang awalnya memiliki kedalaman 2,5 meter menjadi sekira 1,5 meter saja.

Saat hujan deras terjadi sungai tak bisa menampung air hujan dan meluap. Warga berharap pemerintah Kota Batu tak hanya melakukan normalisasi saja, tapi juga kembali melakukan pengerukan agar kedalaman sungai kembali seperti sebelumnya.(end)

Berita Terkait


Proyek Pendangkalan Sungai Diduga Jadi Penyebab Banjir


Satpol PP Bongkar Ratusan Lapak Dupak Penyebab Banjir

Aliran Sungai Menyempit Jadi Penyebab Banjir Kota Malang

Ini Dia Penyebab Banjir Bengawan Solo

Pemerintah Akan Normalisasi Lima Sungai Penyebab Banjir
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber