Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tim Gabungan Revitalisasi Saluran Air di Puncu
Rabu, 15-01-2020 | 16:48 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Saluran air bersih yang berada di daerah pegunungan Kecamatan Puncu Kediri, rusak parah. Kondisi ini mengakibatkan ribuan warga di 2 desa terancam tidak mendapatkan air bersih.

Untuk itu, tim gabungan merevitalisasi saluran air, guna keberlangsungan hidup warga. Tim gabungan terdiri dari TNI, warga, PTPN XII dan PT. Gudang Garam, menggelar karya bakti sosial penampungan air damarwulan di Desa Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Revitalisasi tandon air ini, meliputi perbaikan tempat penampungan, saluran, hingga pompa air.

Kerusakan penampungan air ini, berdampak langsung pada 2.800 lebih kepala keluarga di Desa Puncu Dan Satak. Sebab, 2 desa tersebut merupakan daerah pegunungan yang sulit air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

Menurut kepala bagian Humas PT. Gudang Garam, Iwhan Tri Cahyono, kondisi lokasi penampungan air sudah rusak dan memprihatinkan karena termakan usia. Sehingga perlu adanya revitalisasi untuk memenuhi keperluan air warga .

Sementara itu Kepala Staf Kodim 0809 Mayor Czi Gatot Palwo Edi mengatakan, kegiatan melibatkan 70 personil TNI dan puluhan warga. Sebelumnya, telah dilakukan perbaikan di beberapa titik saluran, yang bersifat sementara.

Diketahui, selain membuat air lebih jernih, revitalisasi ini bertujuan meningkatkan kelancaran aliran air dalam jangka panjang. Perbaikan penampungan air ini diperkirakan selesai hingga satu bulan ke depan.  (pul)

Berita Terkait


Tim Gabungan Revitalisasi Saluran Air di Puncu

Kemarau Berkepanjangan Warga Desa di Probolinggo Alami Krisis Air Bersih

Inovasi Pipa U Bebaskan Desa Suger Lor Dari Krisis Air

Atasi Krisis, Mobil Dinas Polsek Untuk Droping Air Bersih


Krisis Air Bersih Meluas, BNPB Turun Ke Lapangan

Kemarau Panjang, Empat Kecamatan di Blitar Krisis Air Bersih

Krisis Air Bersih, Warga Gunakan Air Sungai

Kekeringan, 5 Kecamatan di Tulungagung Alami Krisis Air Bersih
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber