Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Dikbud Jatim Kembangkan Fiber Optic Pertama Di Sidoarjo
Selasa, 14-01-2020 | 08:22 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Upaya dalam mengembangkan pendidikan berstandar internasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur melihat laboratorium fiber optic pertama di Kabupaten Sidoarjo. Laboratorium fiber optik ini memiliki fasilitas yang lengkap dan sesuai standar sertifikasi teknik instalasi fiber optik (tifo) serta dapat langsung go live dengan koneksi jaringan telpon.

Laboratorium fiber optic berada dalam Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Sidoarjo. Kepala Bidang Pembinaan SMK Provinsi Jawa Timur Suhartono dan Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Dwi S Purnomo di Jalan Raya Pecantingan Sekardangan Kabupaten Sidoarjo. Laboratorium fiber optik SMK Telkom Sidoarjo ini memiliki fasilitas yang lengkap dan sesuai standar sertifikasi teknik instalasi fiber optik (tifo) serta dapat langsung go live dengan koneksi jaringan telephon.
 
Laboratorium fiber optik ini dapat digunakan untuk tempat sertifikasi atau tempat uji kompetensi (TUK) atau pelatihan tifo bagi siswa - siswi hingga para dewan guru yang ada di area Jawa Timur. Selain itu, keberadaan laboratorium fiber optik memberikan kontribusi pada dunia pendidikan dan masyarakat yang memerlukan sertifikasi fiber optik untuk mendukung kegiatan belajar siswa sekolah yang mengembangkan pendidikan dengan standar internasional.
 
"Laboratorium fiber optic ini juga telah memberikan informasi atau materi terupdate terkait materi network fiber optik dan kondisi di lapangan. Sehingga pendidik bisa menerapkan standar sesuai dengan yang digunakan oleh dunia industri telekomunikasi pada saat ini," kata Suhartono, Kabid Pembinaan SMK Provinsi Jawa Timur.
 
Adanya laboratorium fiber optic tentunya menjadi sangat penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia masa depan yang siap untuk membangun bangsa melalui penguasaan teknologi fiber optik guna mendukung industry 4.0 tapi juga akan menuju ke era industri 5.0.(end)

Berita Terkait


Dikbud Jatim Kembangkan Fiber Optic Pertama Di Sidoarjo

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber