Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi dinkes
Senin, 13-01-2020 | 16:37 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Berita Video : Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi dinkes
Malang pojokpitu.com, Usai menetapkan tersangka korupsi dana pembayaran, petugas Pondok Kesehatan Desa Ponkesdes, yaitu Kepala Bagian Keuangan, Johan Charles, kini Kejari menetapkan tersangka baru Kepala Dinas dan Kabag Keuangan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Kabag Keuangan yang divonis hukuman tiga tahun penjara dan kini mengajukan banding, sudah disusul perkara baru.

Hal itulah yang diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Abdul Qohar dalam konferensi pers pada Senin siang (13/1), terkait penetapan dua tersangka atas kasus korupsi yang dilakukan Kepala Dinas dan Kabag Keuangan Dinkes Kabupaten Malang.

Di hadapan awak media, Kajari mengungkapkan keberhasilannya dalam mengusut kasus korupsi, yang dilakukan Kepala Dinas Dokter Abdurrachman dan Kabag Keuangan Johan Charles senilai Rp 8,595 milyar atas dana kapitasi.

Dana yang seharusnya diperuntukkan untuk biaya operasional dan jasa pelayanan, malah disalahgunakan untuk kepentingan pribadi kedua tersangka dengan mengambil 7 persen setiap pencairan.

Pihaknya juga sudah memeriksa sebanyak 39 kepala Puskesmas di Kabupaten Malang untuk dimintai keterangan, terkait korupsi dana pembayaran petugas Ponkesdes sejak tahun 2015 hingga 2017 sebesar Rp 600 juta lebih.

"Pihak Pengadilan Negeri Tipidkor Surabaya, sudah mengetok palu dengan mengganjar Kabag Keuangan selama 3 tahun kurungan penjara namun sekarang ini mengajukan banding," kata Abdul Qohar Kajari Kabupaten Malang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tim Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi mengobok-obok Dinkes usai penyelidikan dilakukan, dan langsung menyita sejumlah berkas.

Dalam hitungan hari, Kejari langsung memenjarakan tersangka Johan Charles. Selanjutnya, kasus berkembang dengan adanya tersangka baru Kepala Dinas Dinkes dr. Abdurrachman, yang selama ini memerintahkan Johan Charles untuk memotong 7 persen dana kapitasi tersebut.

Hingga saat ini tersangka memang belum ditahan dengan alasan kooperatif dalam pemeriksaan dan dijamin tidak akan kabur. Karena itu, penahanan akan dilakukan usai pemeriksaan berakhir.(end/VD:YAN)

Berita Terkait


Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi dinkes

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Kepala Dinas Kesehatan Gresik Mengaku Sakit

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber