Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Petugas gabungan dari Polisi, TNI, BBWS ops 4 Bojonegoro, serta warga Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, menertibkan para penambang pasir ilegal yang nekat menambang disekitar tanggul ambles di wilayah setempat. Foto: Khusni Mubarok
Petugas Tertibkan Penambang Pasir Ilegal di Bengawan Solo
Senin, 13-01-2020 | 13:00 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Petugas gabungan dari petugas gabungan dari Polisi, TNI, BBWS ops 4 Bojonegoro, serta warga Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, menertibkan penambang pasir ilegal di sungai bengawan solo.

Pasalnya, penambangan pasir ilegal ini dilakukan di sekitar tanggul yang ambles. Petugas sengaja menertibkannya agar tanggul yang ambles tidak semakin parah.

Senin (13/1) pagi, petugas langsung mendatangi para penambang, menggunakan perahu tradisional. Kedatangan petugas, membuat para penambang pasir ilegal ini kaget.

Petugas gabungan langsung memberikan peringatan keras kepada para penambang pasir tersebut. Dihadapan petugas, para penambang mengaku tidak tahu menahu, jika di lokasi ini tidak boleh di tambang.

Imam Tohari, Petugas BBWS Bengawan Solo Ops 4 Bojonegoro, menjelaskan, para penambang pasir ilegal ini kemudian sepakat untuk tidak menambang di lokasi yang dilarang.

"Apabila kegiatan serupa kembali dilakukan oleh para penambang, petugas tak segan-segan melakukan tindakan tegas dan membawanya ke jalur hukum," tegas Imam Tohari.

Pasalnya berdasarkan kesepakatan penambang pasir, warga dan pihak terkait. "Wilayah ini dilarang untuk ditambang pasalnya, penyedotan pasir membuat tanggul diwilayah setempat ambles dan rawan jebol. Apalagi saat ini debit air bengawan solo terus naik," imbuh Imam Tohari.

AKP Budi Friayanto, Kapolsek Plumpang, mengatakan, petugas kepolisian kemudian melakukan pendataan terhadap para penambang pasir, serta mendata pemilik perahu yang mempekerjakan mereka. "Hal ini dilakukan agar jika perbuatan serupa dilakukan, bisa langsung ditindak tegas," ujar AKP Budi Friyanto. (yos)

Berita Terkait


LSM Wadul Dewan Jatim Terkait Tambang Ilegal di Sampang

Petugas Tertibkan Penambang Pasir Ilegal di Bengawan Solo

Material Untuk Breakwater Diduga Dari Tambang Ilegal

Praktik Tambang Pasir di Kelurahan Ploso Ilegal


Satpol PP Trenggalek Grebek Tambang Ilegal

Berkas Tersangka Tambang Ilegal Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan

Polisi Ponorogo Tetapkan Tersangka Tambang Ilegal

Satreskrim Polres Ponorogo Lamban Tangani Kasus Tambang Ilegal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber