Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Musim Penghujan Harga Sayuran Merangkak Naik
Minggu, 12-01-2020 | 01:03 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Berita Video : Musim Penghujan Harga Sayuran Merangkak Naik
Jombang pojokpitu.com, Kondisi curah hujan yang terus terjadi membuat harga sayur mayur di Jombang merangkak naik. Kenaikan paling mencolok terjadi pada harga cabai yang tembus Rp 65 ribu perkilogram.

Kenaikan harga berbagai sayur mayur terjadi di sebagian besar pasar tradisional. Untuk harga cabai rawit yang sebelumnya  Rp 35 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 60 ribu perkilogram. Cabai merah besar dari Rp 35 ribu perkilogram kini naik menjadi Rp 55 ribu perkilogram. Termasuk  cabai hijau tidak mau ketinggalan ikut naik dari Rp 15 ribu perkilogram menjadi Rp 28 ribu perkilogram. Bawang putih juga naik dari Rp 28 ribu perkilogram menjadi Rp 35 ribu perkilogram.
 
Tak hanya itu saja, kenaikan harga juga terjadi pada wortel, dari Rp 10 ribu perkilogram naik menjadi Rp 12 ribu perkilogram, kentang yang sebelumnya Rp 13 ribu perkilogram naik menjadi Rp 16 ribu perkilogram dan tomat juga naik dari Rp 8 ribu perkilogram menjadi Rp 10 ribu perkilogram.
 
Budi Susanto salah satu pedagang mengatakan,  kenaikan terjadi akibat cuaca ektrim sehingga membuat  panen sayur di tingkat petani berkurang.
 
Sementara Marlikatin seorang pembeli mengaku kenaikan tentu saja memberatkan. Karena harus mengurangi jumlah pembelianya. Pembeli berharap pemerintah segera mengendalikan kenaikan harga ini agar tidak semakin melejit.
 
Kenaikan harga sayur mayur sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Penyebabnya karena pasokan sayur ke pasar menurun. Pemasok kesulitan mendapatkan barang karena petani banyak yang gagal panen. (pul/VD:YAN)

Berita Terkait


Musim Penghujan Harga Sayuran Merangkak Naik

Petani Sayur Antisipasi Musim Hujan

Dokter Ikhlas Dibayar Dengan Sayuran

Kurang Pasokan, Harga Sayuran Naik


Seledri Hasil Hidroponik, Sayur Bebas Pestisida Mampu Bertahan 3 Hari

Pemkab Magetan Ajak Pedagang Sayur Perangi Rokok Ilegal

Kuli Bangunan Curi Ponsel Milik Penjual Sayur

Ibu-Ibu Dharma Wanita Berlomba Merangkai Sayur Menjadi Bunga
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber