Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Tiga Hari ke Depan
Jum'at, 10-01-2020 | 17:43 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Malang pojokpitu.com, BMKG Karangploso, Malang, menghimbau masyarakat waspada dengan cuaca ekstrim yang akan terjadi di Jawa Timur, termasuk wilayah Malang Raya. Hal ini terpantau dari satelit jika akan ada angin muson yang akan berhembus ke wilayah Indonesia.

Waspada cuaca extrim hujan sedang hingga lebat diperkirakan akan terjadi di wilayah Jawa Timur, termasuk wilayah Malang Raya mulai tanggal 9 Januari hingga 3 hari ke depan, tepatnya pada 11 Januari 2020.

Kondisi ini disebabkan adanya angin muson Asia yang bersifat basah dan berhembus di wilayah Indonesia ditambah suhu udara di permukaan laut yang mulai menghangat yang berpotensi terbentuknya awan konfektif.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Karang Ploso, Retno Wulandari membenarkan, dari pantauan satelit BMKG Juanda memperlihatkan adanya hembusan angin muson atau monsun Asia yang menuju wilayah Indonesia khusus Jawa Timur.

Keberadaan monsun yang bersifat basah tersebut, berpotensi besar terbentuknya awan konfektif dan pada akhirnya menjadikan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di kawasan yang dilewatinya dalam hal ini Jawa Timur, termasuk wilayah Malang Raya.

"Kepada masyarakat Malang Raya khususnya, BMKG menghimbau untuk selalu waspada, mengingat dengan cuaca ekstrim yang diprediksi selama 3 hari, bisa berdampak terjadinya hidrometeorologi atau bencana, seperti banjir, longsor, pohon tumbang dan lainnya," kata Retno Wulandari, Prakirawan BMKG Karang Ploso.

Sementara hujan biasanya akan terjadi pada siang hari, sore dan malam hari dengan tingkat intensitas tinggi atau ekstrim.(end)

Berita Terkait


Cuaca Ekstrim, Nelayan Pesisir Panarukan Enggan Melaut

Gelombang Tinggi, Nelayan Enggan Melaut

Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Tiga Hari ke Depan

Cuaca Buruk, Dalam 2 hari 20 Penerbangan Delay


Arab Saudi Dilanda Cuaca Ekstrem, Ribuan Jamaah Calon Haji Tulungagung Siap Berangkat

Cuaca Ekstrem, Harga Ikan Laut di Pasaran Makin Mahal

Cuaca Ekstrem, Puting Beliung Pora-porandakan Blitar

Cuaca Ekstrem, Beberapa Pohon Menimpa Rumah Warga
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber